• Jumat, 12 Agustus 2022

Dinilai Sukses Tanggulangi Karhutla, Pemda Ketapang Raih Penghargaan dari KLHK

- Kamis, 16 Juni 2022 | 11:58 WIB
Bupati Ketapang, Martin Rantan terima penghargaan dari KLHK atas penilaian keberhasilan tanggunlangi Karhutla di tahun 2021. (Insidepontianak.com/Ist)
Bupati Ketapang, Martin Rantan terima penghargaan dari KLHK atas penilaian keberhasilan tanggunlangi Karhutla di tahun 2021. (Insidepontianak.com/Ist)

KETAPANG, insidepontianak.com - Pemerintah Daerah Kabupaten Ketapang meraih penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) atas koordinasi, kontribusi aktif dan aksi responsif dalam pengendalian kebakaran hutan dan lahan (karhutla) tahun 2021.

Penghargaan ini diterima langsung oleh Bupati Ketapang Martin Rantan, dari Koordinator Manggala Agni Kalbar, Sahat Irawan Manik, Rabu (15/6/2022).

Sahat Irawan Manik mengatakan, penghargaan ini diberikan berdasarkan penilaian dari kementrian atas segala upaya dan aksi yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Ketapang pada tahun 2021 dalam penanganan kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla.

Baca Juga: PLN Kerahkan Tim Bekerja 24 Jam Pulihkan Mesin PLTU Ketapang

"Jadi dasarnya dari upaya dan aksi Pemda dalam penanggulangan serta bagaiman kordinasi dan kerjasama berbagai pihak yang terintegrasi mulai dari Pemda, BKSDA, Taman Nasional, KPH, TNI, Polri dan pihak swasta lainnya," terang Sahat Irawan Manik.

Ia pun memuji sinergisitas Pemkab Ketapang dalam melakukan upaya penanganan dan pencegahan Karhutla.

Sinergisitas yang kokoh itu terbutki mampu melakukan penurunan kasus karhutla di Kabupaten Ketapang, dari tahun  ke tahun. Padahal Kabupaten Ketapang memiliki luasan lahan gambut yang cukup banyak dan rawan terbakar.

Baca Juga: BNN Kalbar Musnahkan Sabu, Ada Peran Pamtas Batalion 645 Selamatkan Lima Puluh Ribu Orang dari Narkoba

"Dinas perkebunan di Ketapang sudah membentuk Kelompok Tani Peduli Api (KTP-red), jadi berbagai upaya itu yang dilihat, dan kami berharap penghargaan yang didapat bisa semakin memotivasi agar bisa terus meningkatkan yang sudah ada," harap Sahat irawan Manik.

Halaman:

Editor: Abdul Halikurrahman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Martin Rantan Jabat Ketua Perbakin Ketapang

Minggu, 7 Agustus 2022 | 17:43 WIB
X