• Rabu, 5 Oktober 2022

Bupati Satono Ajak Masyarakat Sukseskan Gerakan Sambas Berzakat

- Senin, 13 Juni 2022 | 17:21 WIB
Bupati Sambas, Satono, saat menyerahkan bantuan 1000 paket sembako dalam peluncuran gerakan Sambas Berzakat, Senin (13/6/2022). (Insidepontianak.com/Ist)
Bupati Sambas, Satono, saat menyerahkan bantuan 1000 paket sembako dalam peluncuran gerakan Sambas Berzakat, Senin (13/6/2022). (Insidepontianak.com/Ist)

SAMBAS, insidepontianak.com - Bupati Sambas, Satono, didampingi Sekertaris Daerah Kabupaten Sambas, Fery Madagaskar, menghadiri peluncuran gerakan Sambas Berzakat bertajuk "Optimalisasi Membangun Kemandirian Ummat Melalui Unit Pengumpul Zakat" di Aula Utama Kantor Bupati Sambas, Senin (11/6/2022).

Bupati Satono mengajak segenap masyarakat Kabupaten Sambas untuk mendukung dan mensukseskan gerakan Sambas Berzakat tersebut demi memaksimalkan potensi zakat yang ada di Kabupaten Sambas.

Baca Juga: Rakerda PAN Kayong Utara, Boyman Ingatkan Kader Tak Mengemis Dukungan

"Kabupaten Sambas adalah wilayah yang potensi zakatnya sangat besar karena mayoritas masyarakatnya beragama Islam. Lebih dari 80 persen populasi penduduk Kabupaten Sambas beragama Islam. Bayangkan berapa potensi zakatnya setiap bulan," kata Bupati Satono.

Bupati Satono mengungkapkan, berdasarkan data Baznas Kabupaten Sambas, potensi zakat yang terkumpul setiap tahun mencapai Rp 4 miliar. Itu adalah zakat se-Kabupaten Sambas. Padahal kata dia, angka itu belum maksimal, masih banyak yang tidak membayar zakat ke Baznas.

Baca Juga: DPRD Sanggau Berniat Temui Kemenpan Bahas Perhapusan Honorer 2023

"Besarnya potensi dana zakat itu tidak hanya untuk diberikan kepada fakir miskin saja. Tapi bagaimana kita mengembangkan potensi dana zakat tersebut, agar dampak manfaatnya lebih luas. Lebih besar manfaatnya untuk kaum duafa dan umat Islam secara luas," ucapnya.

Bupati Satono berpendapat, tidak salah jika Baznas mulai merencanakan bagaimana dana zakat digunakan untuk membantu pembangunan di daerah. Misalnya lewat program bedah rumah, bangun jembatan dan sebagainya. Walaupun secara garis besar sasarannya adalah fakir miskin.

Baca Juga: Denmark Masters 2022, Ganda Campuran Dejan dan Gloria Sabet Titel Juara

Halaman:

Editor: Abdul Halikurrahman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bus Neny Pink Adu Banteng di Sungai Nyirih Sambas

Senin, 3 Oktober 2022 | 15:09 WIB
X