• Senin, 8 Agustus 2022

BNNP Kalbar akan Berkoordinasi dengan Kepolisian Malaysia Atasi Penyelundupan Sabu di Perbatasan

- Selasa, 7 Juni 2022 | 17:07 WIB
BNNP Kalbar merilis hasil pengungkapan kasus penyelundupan narkoba jenis sabu sebanyak 31 Kg dengan menangkap lima tersangka, Selasa (7/6/2022). (Insidepontianak.com/Andi Ridwansyah)
BNNP Kalbar merilis hasil pengungkapan kasus penyelundupan narkoba jenis sabu sebanyak 31 Kg dengan menangkap lima tersangka, Selasa (7/6/2022). (Insidepontianak.com/Andi Ridwansyah)

PONTIANAK, insidepontianak.com - Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kalimantan Barat, Brigjen Pol Budi Wibowo memastikan, barang haram narkoba yang selama ini masuk dari jalur perbatasan Kalbar berasal dari Malaysia.

Untuk itulah, BNNP Kalbar berupaya melakukan koordinasi dengan kepolisiaan Malaysia guna menekan penyelundupan narkotika.

Baca Juga: Dua Oknum Polisi di Polres Kapuas Hulu Ditangkap Terkait Narkoba, Kabid Humas Polda Kalbar: Pasti Disanksi

"Saya sudah berkoordinasi dengan kepolisiaan Malaysia. Dalam waktu dekat beliau akan meluangkan waktu, berkunjung ke daerah kita," kata Brigjen Pol Budi Wibowo saat konferensi pers pengungkapan kasus narkoba jenis sabu sebanyak 31 Kg, Selasa (7/6/2022).

Menurut Budi Wibowo, selama ini, pengungkapan narkotika rata-rata berasal dari negara tetangga Malaysia. Untuk itulah, dengan kerja sama strategis, ia yakin dapat meredam upaya penyelundupan narkotika masuk Kalbar.

Baca Juga: BNNP Kalbar Sebut Pelaku Penyelundup Narkoba dari Malaysia Berupaya Perbanyak Jalan Tikus Perbatasan

Sementara, terkait lokasi produksi sabu, BNN belum dapat memastikan apakah barang haram tersebut diproduksi dari Malaysia. Sebab, adapula informasi yang didapat, barang haram tersebut diproduksi dari Cina.

"Jadi dari Cina mampir ke Malaysia dan masuk ke Indonesia. Untuk itu kita belum dapat pastikan," terangnya.

Sebagaimana diketahui, BNNP Kalbar mencatat, ada 120 Kg narkotika jenis sabu yang berhasil digagalkan sepanjang Januari hingga Juni 2022. Jumlah ini merupakan akumulasi dari pengungkapan 31 kilogram sabu yang baru diungkap BNNP Kalbat di Kota Singkawang, Jumat (3/6/2022).

Halaman:

Editor: Abdul Halikurrahman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X