• Rabu, 17 Agustus 2022

Bentrok Warga dan Brimob Ketapang, Kades Segar Wangi Sebut soal Sawit Jadi Pemicu

- Minggu, 29 Mei 2022 | 13:29 WIB
Salah satu warga Desa Mekar Wangi Kecamatan Tumbang Titi tertembak di bagian belakang punggung, Sabtu (28/5/2022)
Salah satu warga Desa Mekar Wangi Kecamatan Tumbang Titi tertembak di bagian belakang punggung, Sabtu (28/5/2022)

KETAPANG, insidepontianak.com - Kades Segar Wangi, Kecamatan Tumbang Titi, Kabupaten Ketapang, M Thamrin, membenarkan adanya bentrok warga setempat dan Brimob Ketapang pada Sabtu (28/5/2022).

Menurut pengakuan Thamrin, bentrok warga tersebut terjadi lantaran lahan perebutan perkebunan sawit yang bersengketa. Sengketa terjadi lantaran lahan tersebut diklaim oleh PT Arrtu masuk dalam HGU perusahaan sedangkan warga juga mengklaim lahan tersebut milik mereka.

"Permasalahan perebutan perkebunan sawit ini sudah lama, tapi memang sampai sekarang belum ada keputusannya," aku Thamrin.

Baca Juga: Cegah Gangguan Kamtibmas Polsek Bunut Hulu Laksanakan Patroli Malam

Diakui Thamrin, permasalahan perebutan perkebunan sawit sudah pernah dimediasikan oleh pihak desa, namun tidak ada keputusan. Bahkan permasalahan ini sudah dimediasikan di kecamatan, namun juga tidak ada keputusan.

"Dari perusahaan tidak mau menunjukkan dokumen, karena mengaku hanya akan mengeluarkan dokumen di pengadilan, sedangkan dari warga siap," terang Thamrin.

Thamrin menambahkan, lahan yang disengketakan tersebut kurang lebih 12 hektare yang sudah ditanami sawit, yang mana kedua pihak mengklaim mereka yang berhak memanen buah sawit.

Sementara Kapolres Ketapang, AKBP Yani Permana membenarkan adanya keributan antara anggota Brimob BKO Kalimantan Barat dengan sekelompok warga yang diduga sedang melakukan panen massal di wilayah perusahaan.

"Jadi awal kejadian anggota Brimob sedang patroli dan menemukan sekelompok warga sedang panen massal diduga diwilayah perusahaan, makanya dilakukan upaya pencegahan oleh anggota," terang Kapolres Yani Permana, Minggu (29/5/2022).

Baca Juga: Cegah Gangguan Kamtibmas Polsek Bunut Hulu Laksanakan Patroli Malam

Halaman:

Editor: Wati Susilawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Martin Rantan Jabat Ketua Perbakin Ketapang

Minggu, 7 Agustus 2022 | 17:43 WIB
X