• Rabu, 5 Oktober 2022

Sekda Alexander Wilyo Nilai Pembentukan DOB Tiga Kabupaten Baru di Ketapang Sudah Layak

- Jumat, 27 Mei 2022 | 20:11 WIB
Pejabat Forkopimda Kabupaten Ketapang foto bersama usai gelar rapat terbuka membahas sinergisitas program pembangunan daerah. (Insidepontianak.com/Ist)
Pejabat Forkopimda Kabupaten Ketapang foto bersama usai gelar rapat terbuka membahas sinergisitas program pembangunan daerah. (Insidepontianak.com/Ist)

KETAPANG, insidepontianak.com  - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Ketapang, Alexander Wilyo menilai, pembentukan daerah otonomi baru (DOB) tiga kabupaten di wilayah Ketapang, sudah layak dilakukan.

Tiga kabupaten baru yang dimaksud adalah, Kabupaten Jalai Kendawangan Raya yang memiliki wilayah Kecamatan Tumbang Titi, Kecamayan Nanga Tayap, dan Kecamatan Sungai Melayu Rayak.

Baca Juga: Emmeril Khan Mumtadz Putra Ridwan Kamil Hanyut di Sungai Aare, Tempat Bersejarah Kota Bern Swiss

Selanjutnya, Kabupaten Matan Hulu, memiliki wilayah Kecamatan Tumbang Titi, Kecamayan Nanga Tayap, Kecamatan Sungai Melayu Rayak, dan Kecamatan Pemahan.

Dan terakhir, Kabupaten Jelai Hulu Air, yang memiliki wilayah Kecamatan Sandai, Kecamatan Sungai Laur, Kecamatan Hulu Sungai, Kecamatan Simpang Dua, dan Kecamatan Simpang Hulu.

Ketiga DOB kabupaten baru ini, diklaim secara geografis dan potensi PAD, sudah sangat mendukung untuk mandiri.

Baca Juga: Final Liga Champions Real Madrid dan Liverpool, Siapa Punya Peluang

Bila tiga kabupaten itu terbentuk, maka peluang Ketapang menjadi provinsi baru diyakini juga akan semakin besar bisa terwujud. Apalagi, secara histori, Ketapang adalah Kabupaten tertua di Provinsi Kalbar.

“Sudah sangat cocok untuk menjadi provinsi baru,” kata Alexander Wilyo, dalam rapat terbuka sinergisitas program pembangunan daerah, yang dipimpin Bupati Martin Rantan, Rabu (18/5/2022).

Halaman:

Editor: Abdul Halikurrahman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dua Hari Hilang, Nelayan Sungai Pawan Ditemukan Tewas

Kamis, 22 September 2022 | 14:18 WIB
X