• Sabtu, 25 Juni 2022

PEMBANGUNAN SAMBAS: Pekerjaan Jembatan Sungai Sambas Besar Alami Perlambatan

- Kamis, 26 Mei 2022 | 11:50 WIB
Desain arch bridge (jembatan lengkung) Jembatan Sungai Sambas Besar di Kabupaten Sambas, Provinsi Kalimantan Barat. (Insidepontianak.com/Dok PT Nindya Karya)
Desain arch bridge (jembatan lengkung) Jembatan Sungai Sambas Besar di Kabupaten Sambas, Provinsi Kalimantan Barat. (Insidepontianak.com/Dok PT Nindya Karya)

SAMBAS, insidepontianak.com - Pekerjaan pembangunan Jembatan Sungai Sambas Besar, di Desa Makrampai, Kecamatan Tebas, Kabupaten Sambas, Provinsi Kalimantan Barat, dilaporkan alami perlambatan.

Pelaksana Teknis Pembangunan Jembatan Sungai Sambas Besar, dari BPJN XX Pontianak, Provinsi Kalbar, Sawiyo dalam pemaparannya mengatakan, perlambantan tersebut terjadi disebabkan dua kendala.

Baca Juga: Hadirnya Jembatan Sungai Sambas Besar Diyakini Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat

"Pertama, kendala pembebasan lahan di sisi Tebas dan Tekarang. Kedua, izin pembangunan dari pemerintah daerah untuk pemanfaatan garis pantai yang terdapat bangunan," kata Sawiyo.

Sawiyo menjelaskan, kendala pembebasan lahan tersebut terjadi akibat adanya perbaikan geometri jalan penghubung Jembatan Sungai Sambas Besar. Perbaikan itu dilakukan untuk keselamatan pengguna jalan nantinya.

Baca Juga: Bikin Bangga Indonesia, Raline Shah Hadiri Festival Film Cannes 2022

"Geometri yang kita laksanakan, kalau memaksakan lahan yang sudah dibebaskan oleh Pemda Sambas, itu akan ekstrem (red, bentuk jalan seperti huruf L). Secara desain, itu tidak diizinkan. Perbaikan geometri dilakukan supaya jalan akses menuju jembatan itu safety," paparnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Sambas, Fahrur Rofi mengatakan, walaupun terjadi perlambatan progres, pembangunan Jembatan Sungai Sambas Besar ini sudah mencapai 2,6 persen.

Baca Juga: TMMD ke-113, Pembukaan Jalan Entakai-Selampung Capai 60 Persen

Halaman:

Editor: Abdul Halikurrahman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X