• Senin, 27 Juni 2022

Permudah Pencatatan Kematian, Disdukcapil Kota Pontianak Sediakan Buku Pokok Pemakaman

- Kamis, 26 Mei 2022 | 09:55 WIB
Penyerahan secara simbolis Buku Pokok Pemakaman oleh Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono.
Penyerahan secara simbolis Buku Pokok Pemakaman oleh Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono.

PONTIANAK, insidepontianak.com – Setiap pencatatan kematian atau warga yang meninggal dunia sangat penting dalam data kependudukan, terutama di Kota Pontianak

Betapa tidak, jumlah penduduk, baik yang lahir maupun yang meninggal setiap hari mengalami perubahan sehingga data kependudukan harus selalu diperbaharui. Makanya dengan pencatatan kematian, data kependudukan bisa akurat.

Untuk memudahkan pencatatan kematian, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pontianak menyediakan buku pokok pemakaman.

Baca Juga: TMMD ke-113, Pembukaan Jalan Entakai-Selampung Capai 60 Persen

Kepala Disdukcapil Kota Pontianak Erma Suryani mengatakan, penyediaan buku pokok pemakaman ini menjadi salah satu fungsi sosial pengurus RT dalam melaporkan setiap peristiwa kematian atau apabila ada warganya yang meninggal dunia.

"Sehingga ketika ada warga yang meninggal dunia, segera laporkan ke Disdukcapil untuk diterbitkan akta kematiannya," ujarnya usai penyerahan secara simbolis buku pokok pemakaman oleh Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono kepada salah satu lurah di Aula Kantor Terpadu Jalan Sutoyo, Rabu (25/5/2022).

Erma Suryani menyayangkan, terkadang peristiwa kematian dari warga tidak dilaporkan ke Disdukcapil Kota Pontianak sehingga ketika membutuhkan akta kematian, peristiwa kematian tersebut baru dilaporkan.

Oleh sebab itu, pihaknya mempermudah pelaporan peristiwa kematian dengan mempersiapkan buku pokok pemakaman yang berisikan laporan peristiwa kematian.

Buku ini nantinya akan didistribusikan kepada pengurus RT maupun pengurus yayasan pemakaman, baik pemakaman muslim maupun non muslim, untuk mendata segala peristiwa kematian atau warga yang meninggal dunia.

"Tugas mereka adalah mencatat peristiwa kematian sebagai bahan laporan ke Disdukcapil," kata Erma Suryani.

Halaman:

Editor: Wati Susilawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pontianak Fokus Pengentasan Kawasan Kumuh

Kamis, 23 Juni 2022 | 09:11 WIB
X