• Senin, 27 Juni 2022

Wah, PKK Pontianak Raih Juara I Lomba Olahan Snack Ikan

- Kamis, 26 Mei 2022 | 06:00 WIB
Ketua TP-PKK Kota Pontianak, Yanieta Arbiastutie (dua dari kiri) bersama Pokja 3 yang meraih juara pertama lomba olahan snack berbahan baku ikan tingkat Provinsi Kalbar.
Ketua TP-PKK Kota Pontianak, Yanieta Arbiastutie (dua dari kiri) bersama Pokja 3 yang meraih juara pertama lomba olahan snack berbahan baku ikan tingkat Provinsi Kalbar.

PONTIANAK, insidepontianak.com - Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Pontianak, Kalimantan Barat, berhasil meraih juara pertama lomba olahan snack berbahan baku ikan tahun 2022 yang digelar oleh Tim Penggerak PKK Provinsi Kalbar, Rabu (25/05/2022).

Lomba ini digelar dalam rangka merealisasikan program kerja TP-PKK Provinsi Kalimantan Barat itu diikuti peserta yang berasal dari perwakilan Pokja 3 PKK kabupaten/kota se-Kalimantan Barat. Ajang kreativitas mengolah ikan menjadi produk makanan ringan ini menarik minat para peserta.

Produk yang sudah diolah kemudian dipacking dan selanjutnya dibawa ke Sekretariat PKK Provinsi Kalbar untuk dinilai oleh tim juri.

Baca Juga: Anggota DPRD Sanggau Heri Wijaya Minta Pelayanan MPP Ditingkatkan

Erna Setianingsih, peserta lomba dari TP-PKK Kota Pontianak mengatakan hampir 60 persen bahan baku yang digunakannya dalam membuat snack adalah ikan.

"Meskipun komposisi ikannya dominan tapi aroma ikannya sudah tidak lagi tercium, bau amisnya pun sudah tidak ada, " ujar Erna Setianingsih usai menerima hadiah dari Ketua TP-PKK Provinsi Kalbar.

Selain memperhatikan kualitas makanan yang dilombakan, kemasan produknya juga telah menerapkan prinsip keamanan pangan serta mengikuti tren kemasan produk saat ini sehingga snack yang ditampilkan bisa lebih menarik jika dibandingkan dengan peserta yang lain.

"Kita buat seperti produk di kafe, tata cara membuat kemasan juga sudah sesuai dengan prinsip keamanan pangan, ada stiker lengkap dengan nama, nilai gizi pokoknya, komposisi makanannya, tanggal produksi dan kadaluarsa juga ada sehingga bisa dibaca dan diperkirakan makanannya masih layak dimakan atau tidak," jelas Erna Setianingsih.

Ketua TP-PKK Kota Pontianak, Yanieta Arbiastutie, mengapresiasi prestasi yang diraih oleh Pokja 3 Tim Penggerak PKK Kota Pontianak.

"Alhamdulillah Pokja 3 TP-PKK Kota Pontianak mampu mengukir prestasi dalam mengkreasikan produk olahan berbahan dasar ikan dan ini luar biasa," ucap Yanieta Arbiastutie.

Halaman:

Editor: Wati Susilawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pontianak Fokus Pengentasan Kawasan Kumuh

Kamis, 23 Juni 2022 | 09:11 WIB
X