• Sabtu, 25 Juni 2022

Jadi Pembicara Nasional, Edi Kamtono Sebut UMKM di Pontianak Berkembang Pesat

- Rabu, 25 Mei 2022 | 16:03 WIB
Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono menjadi salah satu pembicara nasional pada Program Beranda Nusantara bertemakan UMKM melalui zoom meeting di Pontive Center.
Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono menjadi salah satu pembicara nasional pada Program Beranda Nusantara bertemakan UMKM melalui zoom meeting di Pontive Center.

PONTIANAK, insidepontianak.com - Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono menjadi pembicara nasional pada Program RRI Beranda Nusantara bertemakan 'UMKM : Usaha Maju Kita Mendunia' melalui zoom meeting di Pontive Center, Rabu (25/5/2022).

Selain Wali Kota Pontianak beserta beberapa wali kota dan bupati, narasumber lain diantaranya Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri Koperasi dan UKM RI, Teten Masduki dan narasumber lainnya.

Wali Kota Edi sempat memperlihatkan produk UMKM Kota Pontianak dihadapan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki lewat video conference.

Wali Kota Edi mengatakan, UMKM di Kota Pontianak berkembang pesat. Dia memaparkan, dari jumlah pelaku UMKM yang sebelumnya mencapai 29 ribu kini sudah melebihi 38 ribu orang. Tak hanya itu, jika dirupiahkan berdasarkan aset yang dimiliki UMKM se-Kota Pontianak, totalnya meningkat dari Rp5 Triliun menjadi Rp 7 Triliun.

Baca Juga: Wali Kota Edi: Perbanyak Mesin ADM di Setiap Kecamatan Kota Pontianak

“Ini menunjukkan bahwa UMKM di Kota Pontianak sangat berkembang karena infrastruktur sudah disediakan sehingga memberikan ruang untuk pelaku UMKM,” ujar Wali Kota Edi.

Wali Kota Edi berharap, adanya regulasi yang disediakan Pemerintah Pusat berpihak kepada UMKM, khususnya permodalan. Terlebih, dia menilai Kota Pontianak sebagai wilayah perdagangan dan jasa.

“Saat pandemi kemarin, bantuan tunai kepada pelaku UMKM mampu memberikan semangat bagi mereka,” ucap Wali Kota Edi.

Pemerintah Kota (Pemkot) terus berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan UMKM. Hal itu dapat dilihat dari fasilitas yang tersedia, kemudahan perizinan serta penyerahan sertifikat halal.

Baca Juga: Tragedi Penembakan SD di Texas, Selena Gomez Minta AS Perbaiki UU Terkait

Halaman:

Editor: Wati Susilawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pontianak Fokus Pengentasan Kawasan Kumuh

Kamis, 23 Juni 2022 | 09:11 WIB
X