• Selasa, 28 Juni 2022

KPU Kabupaten Sanggau Ajukan Anggaran Pilkada Rp43 Miliar

- Selasa, 24 Mei 2022 | 21:37 WIB
Ketua KPU Kabupaten Sanggau, Martinus Sumarto. KPU Sanggau mengajukan anggaran pilkada 2024 sebesar Rp43 miliar.  (/Istimewa)
Ketua KPU Kabupaten Sanggau, Martinus Sumarto. KPU Sanggau mengajukan anggaran pilkada 2024 sebesar Rp43 miliar. (/Istimewa)

SANGGAU, insidepontianak.com - KPU Kabupaten Sanggau mengusulkan anggaran Pilkada 2024 sebesar Rp43 miliar. Sebagian besar untuk honor panitia peyelenggara pemilu.

Biaya anggaran Pilkada 2024 yang diajukan KPU Kabupaten Sanggau, naik 2 kali lipat dari anggaran Pilkada tahun 2018. 

Saat penyelenggaraan Pilkada 2018, KPU Kabupaten Sanggau mengajukan dana Rp28 miliar kepada Pemkab Sanggau. Menurut KPU, usulan anggaran Pilkada 2024 itu belum final.

“Belum final. Usulan kita sekitar Rp43 miliar. Usulan tersebut sudah kita sampaikan ke Kesbangpol, Pak Bupati dan Pak Sekda,” kata Ketua KPU Kabupaten Sanggau, Martinus Sumarto, Selasa (24/5/2022).

Menurut Martinus Sumarto, anggaran yang diusulkan sudah dihitung secara detail dan maksimal berdasarkan kebutuhan.

Sebagian besar jumlah angggaran yang diajukan, digunakan untuk membayar honor penyelenggara adhoc pilkada yaitu PPK, PPS dan KPPS.

Menurut Martinus Sumarto, besaran honor panitia penyeleggaran pilkada sudah diatur oleh Peraturan Menteri Keuangan.

“Lebih besar untuk honor penyelenggara adhoc. Mengenai besaran honor tersebut ada acuan di Peraturan Menkeu terkait standar honor,” ujar Sumarto.

Meski sudah diusulkan ke pemerintah daerah, kata Martinus Sumarto, usulan anggaran Pilkada Sanggau 2024 itu belum pernah dibahas bersama KPU Sanggau.

“Kita masih menunggu undangan. Tapi yang pasti anggaran kebutuhan pilkada itu sudah kita sampaikan ke pemerintah daerah."

Editor: Haksoro

Tags

Terkini

X