• Sabtu, 25 Juni 2022

Pemda Sanggau Akan Gelontorkan Rp 50 Miliar untuk Biaya Pilkada 2024

- Selasa, 24 Mei 2022 | 11:25 WIB
wakil-bupati-sanggau-yohanes-ontot-2
wakil-bupati-sanggau-yohanes-ontot-2

SANGGAU, insidepontianak.com - Pemerintah Kabupaten Sanggau, Kabupaten Sanggau menggelontorkan anggaran sebesar Rp 50 Miliar untuk biaya pemilihan kepada daerah (Pilkada) 2024 mendatang. Sedangkan anggaran yang diajukan KPU Sanggau Rp 56 Miliar.

Pemerintah Kabupaten Sanggau harus mempersiapkan biaya Pilkada 2024 diri sejak awal, salah satunya soal Raperda terkait penganggaran Pilkada serentak pun dibahas sejak awal, sebagai payung hukum.

"Karena ini kan tidak bisa juga sekaligus, kita persiapkan diri dengan dana cadangan itu. Siapa tahu dalam perjalanan 2024 ini ada yang force major, makanya pemerintah daerah persiapkan dari sekarang ini agar kegiatan Pemilukada ini tidak terhambat,” kata Wakil Bupati (Wabup) Sanggau, Yohanes Ontot, Selasa (24/5/2022).

Baca Juga: Tes IQ: Ayo Cepat, Temukan Huruf Q di Antara Banyak Huruf O Ini

Dengan biaya Pilkada 2024 sebesar itu, Wabup Yohanes Ontot mengaku akan berpengaruh pada anggaran pembangunan lainnya.

“Tapi sudah kita kaji secara komprehensif. Kalaupun dia berpengaruh tidak akan menghambat secara total pembangunan infrastruktur. Tetap itu kita lakukan secara simultan. Jika tidak kebijakan-kebijakan pasti ada yang tertinggal. Tapi dengan gerak yang simultan pemerintah daerah, semuanya dapat,” terang Wabup Yohanes Ontot.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Sanggau, Kukuh Tiryatmaka menjelaskan, strategi untuk memenuhi biaya Pilkada 2024 mencapai Rp 50 Miliar itu adalah dengan mulai menyisihkan di tahun berjalan seperti saat ini.

“SILPA akan kita ambil untuk kita cantumkan untuk tabungan dana cadangan, nanti dituangkan lagi di APBD 2023. Kalau di 2023 sudah ada tahapan Pemilu, berarti dana cadangan itu bisa ditarik ditambah rutin dana pada tahun berjalan,” kata Sekda Kukuh.

Ia menerangan, kemungkinan hanya akan ada dua kali penganggaan untuk biaya Pilkada 20224. Usulan akan dilakukan di anggaran perubahan. Usulan pertama Rp 20 Miliar dan usulan kedua anggaran perubahan Rp 30 Miliar.

Baca Juga: Polisi Selidiki Penyebab Kematian Angga yang Ditemukan Tewas di Parit

Halaman:

Editor: Wati Susilawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X