• Selasa, 28 Juni 2022

Samuel Penjabat Bupati Landak, Punya Kewenangan Bikin Program Pembangunan Baru hingga Cabut Perizinan

- Sabtu, 21 Mei 2022 | 12:12 WIB
Samuel Penjabat Bupati Kabupaten Landak (youtube)
Samuel Penjabat Bupati Kabupaten Landak (youtube)

PONTIANAK, insidepontianak.com - Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian menetapkan Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi, Provinsi Kalimantan Barat, Samuel sebagai Penjabat Bupati Kabupaten Landak.

Terpilihnya Samuel sebagai Penjabat Bupati Landak itu tertuang dalam Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor: 131. 61-1171 tahun 2022 tentang pengangkatan Penjabat Bupati Kabupaten Landak.

"Mengangkat saudara Samuel, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi, Provinsi Kalimantan Barat Samuel sebagai penjabat Bupati Kabupaten Landak," tulis diktum kesatu surat yang ditanda tangani Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, 12 Mei 2022.

Adapun tugas Penjabat Bupati Kabupaten Landak, sebagaimana isi Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor: 131. 61-1171 tahun 2022, tentang Pengangkatan Penjabat Bupati Kabupaten Landak di antaranya : Memimpin pelaksanaan urusan pemerintahan, pengisian pejabat dan mutasi pegawai, membatalkan perizinan yang dikeluarkan pejabat sebelumnya atau mengeluarkan perizinan yang berbeda, membuat kebijakan pemekaran daerah, membuat kebijakan yang berbeda dari program program pembangunan yang dibuat sebelumnya, hingga memfasilitasi persiapan Pemilu.

Baca Juga: Jabatan Bupati Landak Berakhir 22 Mei, Pemprov Kalbar Usulkan Tiga Nama PJ ke Kemendagri

Sebagaimana diketahui, Bupati dan Wakil Bupati Landak Karolin Margret Natasa dan Herculanus Heriadi mengakhiri tugas pada 22 Mei 2022. Dengan berakhirnya jabatan Bupati dan Wakil Bupati Landak dipastikan alami kekosongan pemimpin definitif sebelum adanya Penjabat Bupati yang ditunjuk oleh Menteri Dalam Negeri.

Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji sebelumnya sudah mengusulkan tiga nama ke Menteri Dalam Negeri untuk dipilih dan ditetapkan menjadi Penjabat Bupati Kabupaten Landak untuk mengisi pengganti Bupati Kabupaten Landak yang kosong pada 22 Mei 2022.

Sekretaris Daerah Kalimantan Barat, Harisson mengatakan, Pemprov Kalbar telah mengusulkan tiga nama untuk ditetapkan Mendagri menjadi Penjabat Bupati Kabupaten Landak. Hanya saja, Sekda Kalbar itu tak merinci siapa saja nama yang diusulkan tersebut.

"SK dari Mendagri belum kita terima sampai saat ini. Mudahan-mudahan segera terbit," kata Harisson kepada insidepontianak.com, Rabu (18/5/2022).

Baca Juga: Bupati Landak Resmikan Pamsimas di Desa Pahauman

Halaman:

Editor: Agus Wahyuni

Sumber: Insidepontianak.com

Tags

Terkini

X