• Minggu, 26 Juni 2022

19 Lanting PETI Sanggau Masih Status Quo, Kapolres Ade Kuncoro Cari Solusi

- Jumat, 20 Mei 2022 | 15:13 WIB
Lanting-lanting Bekas penambangan peti saat melintasi sungai kapuas beberapa hari lalu./Istimewa
Lanting-lanting Bekas penambangan peti saat melintasi sungai kapuas beberapa hari lalu./Istimewa

SANGGAU, insidepontianak.com - Temuan sebanyak 19 lanting PETI di sungai Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat masih status quo.

Ini diungkapkan Kapolres Sanggau, Ade Kuncoro Ridwan, Jumat (20/5/2022).

“Statusnya barang temuan. Karena barang temuan, maka masih status quo. Artinya diamankan tanpa ada pemilik atau pekerja saat operasi kepolisian dilakukan," sambung Kapolres Ade Kuncoro.

Kapolres Ade Kuncoro menuturkan bahwa lanting lanting PETI yang beberapa hari lalu hanyut terbawa arus Sungai Kapuas tersebut merupakan bagian dari penegakan hukum yang dilakukan pada akhir tahun 2021 lalu.

"Iya, lanting-lanting itu bagian dari proses penegakan hukum yang dilakukan kepolisian pada akhir tahun 2021 lalu. Jumlahnya ada sembilan belas unit. Saat operasi, waktu itu, lanting dalam kondisi sudah ditinggalkan oleh pemiliknya," ujar Kapolres Ade Kuncoro.

Kapolres Ade Kuncoro mengungkapkan, kondisi lanting PETI berada di tengah sungai sehingga mengganggu arus pelayaran. Lanting PETI diamankan dengan cara dipinggirkan ke tepian sungai di Desa Inggis. Namun, tali penambat lanting PETI putus.

“Akibatnya lanting-lanting PETI itu hanyut sampai ke wilayah Kecamatan Kapuas dan saat ini sudah kami amankan kembali,” ujar Kapolres Ade Kuncoro.

Mengenai tindak lanjut terhadap 19 lanting PETI tersebut, Kapolres Ade Kuncuro masih mencoba mencari solusi dan penanganan yang tepat sesuai aturan yang berlaku.

"Untuk sementara kami amankan. Kalau kami mau menyita, kan tidak jelas siapa pemiliknya. Jadi statusnya kita amankan dulu. Kalau soal regulasi pemusnahan barang bukti biasanya dalam penyidikan ya, karena ini kan belum masuk ranah penyidikan jadi kita masih status quo kan barang itu. Nanti kita cari dulu siapa pemiliknya," ucap Kapolres Ade Kuncoro.***

Editor: Wati Susilawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X