• Sabtu, 25 Juni 2022

Gubernur Kalbar dan Konjen RI di Sarawak, Bahas Lalu Lintas Barang di PLBN

- Kamis, 19 Mei 2022 | 19:47 WIB
Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Kuching, Sarawak, Malaysia, Raden Sigit Witjaksono membahas rencana lalu lintas barat di PLBN bersama Gubernur Kalbar, Sutarmidji. (ANTARA/Rendra Oxtora)
Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Kuching, Sarawak, Malaysia, Raden Sigit Witjaksono membahas rencana lalu lintas barat di PLBN bersama Gubernur Kalbar, Sutarmidji. (ANTARA/Rendra Oxtora)

PONTIANAK, insidepontianak.com - Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) Sutarmidji bersama Konsulat Jenderal Republik Indonesia (RI) di Kuching, Sarawak, Malaysia, Raden Sigit Witjaksono bahas rencana lalu lintas barang di sejumlah PLBN di Kalbar.

"Kami melaporkan pembukaan perbatasan Indonesia dan Malaysia sejak tanggal 1 April 2022 di PLBN Entikong, Kabupaten Sanggau. Sementara itu, di PLBN Aruk, Kabupaten Sambas, kendaraan pribadi sudah mulai diizinkan keluar masuk sejak tanggal 15 April 2022," kata Raden Sigit Witjaksono di Pontianak, Kamis (19/5/2022).

Raden Sigit Witjaksono berharap lintas barang yang hingga saat ini belum diaktifkan, bisa segera dibuka. Hal ini dinilai sangat potensial bagi kedua negara.

Baca Juga: Kena Sanksi, Dinkes Kalbar Tutup Lab di PLBN Entikong

"Harapan dari Sarawak yakni kita bisa segera mengaktifkan dan normalisasi kerjasama perdagangan," tutur Raden Sigit Witjaksono.

Raden Sigit Witjaksono mengatakan, terdapat dua pintu perbatasan yang harus diperbaiki dan dilengkapi dengan CIQS, serta perlu ada pembenahan di PLBN Aruk.

"Semua pihak harus bersatu padu untuk melengkapi PLBN yang saat ini masih belum terbuka. Gubernur Kalbar juga menyampaikan potensi ekonomi Kalbar dan kerjasama perdagangan yang cukup besar," kata Raden Sigit Witjaksono.

Ditandatanganinya MoU ketenagakerjaan yang disaksikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, pada tanggal 1 April 2022, kata Raden Sigit Witjaksono, menjadi payung One Canal System, mulai dari perekrutan hingga penempatan di Sarawak, Malaysia.

Baca Juga: Pembangunan PLBN Jagoi Babang Hampir Rampung, Diharap Jadi Pusat Ekonomi Baru

Halaman:

Editor: Muhlis Suhaeri

Sumber: ANTARA

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pontianak Fokus Pengentasan Kawasan Kumuh

Kamis, 23 Juni 2022 | 09:11 WIB
X