• Sabtu, 25 Juni 2022

Ngampar Bide Awali Pekan Gawai Dayak Kalbar

- Kamis, 19 Mei 2022 | 17:47 WIB
Upacara ngampar bide sambut pekan gawai Dayak Kalbar ke-36. (ANTARA/Septian)
Upacara ngampar bide sambut pekan gawai Dayak Kalbar ke-36. (ANTARA/Septian)

PONTIANAK, insidepontianak.com - Masyarakat Dayak di Kalimantan Barat menggelar Ngampar Bide di rumah Radakng, Pontianak, Kalimantan Barat, Kamis (19/5/2022). Ngmpar Bida memulai pelaksanaan Pekan Gawai Dayak Kalbar.

Ritual Ngampar Bide memiliki arti, ngampar berarti menggelar atau menghamparkan. Bide bermakna tikar atau tempat berserah untuk menyambut Pekan Gawai Dayak Kalbar ke-36.

"Upacara Ngampar Bide selalu dilakukan saat menjelang Pekan Gawai Dayak setiap tahunnya," kata Koordinator Upacara Adat Dayak, Yohannes Supriadi di Pontianak, Kamis (19/5/2022).

Baca Juga: Desa Cipta Karya Meriahkan Gawai Maka' Dio dengan Berbagai Perlombaan Permainan Rakyat

Yohannes Supriadi menjelaskan, ritual itu diadakan supaya mendapatkan kemudahan dan perlindungan dari sang pencipta, untuk melaksanakan acara tahunan Pekan Gawai Dayak ke-36, yang dimulai pada Jumat (20/5/2022).

Selain itu, upacara Ngampar Bide sebagai upaya pemberitahuan atau undangan kepada semua pihak terutama kepada seluruh masyarakat di Kalbar untuk dapat hadir di acara Pekan Gawai Dayak ke-36 ini.

"Ngampar Bide ini melalui beberapa proses, antara lainnya ada doa Nyangahant untuk menyampaikan permohonan kepada tuhan yang dipimpin oleh seorang Panyangahtn dan akan melantunkan doa-doa secara lisan, lalu ada pemberian suba kepada orang-orang yang berpengaruh dalam pelaksanaan kegiatan," ujar Yohannes Supriadi.

Baca Juga: Bupati Darwis akan Tetapkan Pegelaran Gawai Maka' Dio Tiap Tahunnya di Desa Cipta Karya

Ia menambahkan, pada hari ini selain upacara Ngampar Bide ada juga acara lain yang digelar untuk menyambut Pekan Gawai Dayak yakni upacara nabo' padagi dan upacara nyapat saka yang telah dilaksanakan sebelumnya.

Halaman:

Editor: Muhlis Suhaeri

Sumber: ANTARA

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pontianak Fokus Pengentasan Kawasan Kumuh

Kamis, 23 Juni 2022 | 09:11 WIB
X