• Rabu, 7 Desember 2022

BIAN 2022 di Pontianak, Sidiq Handanu: Punya Dua Agenda Penting

- Rabu, 18 Mei 2022 | 14:32 WIB
Sidiq Handanu
Sidiq Handanu


PONTIANAK, insidepontianak.com – Kepala Dinas Kesehatan Kota Pontianak Kalimantan Barat, Sidiq Handanu mengatakan, pencanangan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) tahun 2022 di Kota Pontianak punya dua agenda penting.

Sidiq Handanu menjelaskan, dua agenda penting dalam pencanangan BIAN 2022 pertama adalah memberikan vaksinasi campak rubella tanpa memandang status imunisasi, baik yang sudah mendapat IDL maupun belum dengan menyasar anak usia 9 bulan sampai dengan 12 tahun.

“Berarti ada 250 ribu anak yang perlu divaksin. Namun kita targetkan minimal 226.104 anak yang divaksin campak rubella ini,” kata Sidiq Handanu, Rabu (18/5/2022).

Baca Juga: Atlet Tembak Fathur dan Citra Tambah Satu Medali Emas SEA Games 2022 Awal Tanding Sempat Nervous
.
Kemudian lanjut Sidiq Handanu, agenda kedua adalah mempersiapkan pelaksanaan BIAN 2022 hingga sukses digelar. Beberapa hal yang sudah terlaksana seperti sosialisasi ke seluruh masyarakat melalui berbagai media dan menggalang komitmen bersama dengan jurnalis, tokoh masyarakat, tokoh agama dan organisasi wanita.

“Nanti juga kita akan melaksanakan vaksinasi kejar. Artinya kita akan lengkapi vaksinasi kepada anak tersebut dengan pemberian imunisasi dasar, yaitu pada anak umur 12 bulan sampai 5 tahun, meliputi pemberian vaksinasi oral, injeksi dan pentavalen,” imbuh Sidiq Handanu.

Menurut Sidiq Handanu, keseluruhan agenda ini memerlukan waktu lebih dari sebulan dan butuh kerja sama semua pihak, terutama orang tua.
“Orang tua harus tahu manfaat dan gunanya imunisasi bagi anak, biar ketika datang sudah paham benar,” kata Sidiq Handanu.

Bagi para orang tua yang ingin membawa anaknya untuk vaksinasi, Sidiq Handanu menjelaskan, pusat vaksinasi sudah tersedia di banyak tempat, seperti 29 fasilitas kesehatan (faskes) Puskesmas, 12 Rumah Sakit, 293 Posyandu, 4 klinik swasta, 242 TK/PAUD Sederajat, 214 SD/Sederajat, hingga 58 bidan yang praktek secara mandiri serta pos-pos kesehatan lainnya.

“Semuanya sudah siap melakukan vaksinasi pada BIAN 2022 kali ini. Kalau di bulan ini belum mencapai target, maka akan terus dilanjutkan sampai bulan-bulan selanjutnya,” ucap Sidiq Handanu.

Untuk menyukseskan BIAN 2022, Wakil Wali Kota Pontianak Bahasan mengingatkan pentingnya dukungan seluruh orang tua agar membawa anaknya, mulai dari usia 9 bulan sampai 12 tahun untuk mengikuti imunisasi.

Baca Juga: Jabatan Bupati Landak Berakhir 22 Mei, Pemprov Kalbar Usulkan Tiga Nama PJ ke Kemendagri

Halaman:

Editor: Wati Susilawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dua Pencuri Kabel Waterfon Kapuas Indah Ditangkap

Selasa, 6 Desember 2022 | 22:34 WIB

PLN Gelar Workshop Pengolahan Sampah Organik

Senin, 5 Desember 2022 | 15:59 WIB

Wali Kota Edi Harap Expo IWAPI Dorong UMKM Naik Kelas

Sabtu, 3 Desember 2022 | 08:00 WIB
X