• Selasa, 17 Mei 2022

Antisipasi Penyakit Mulut dan Kuku, Kapolres Ketapang Instruksikan Jajaran Pantau Hewan Ternak

- Minggu, 15 Mei 2022 | 00:15 WIB
Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo saat meninjau ternak sapi di Boyolali Jawa Tengah pada Jumat, 13 Mei 2022. Mentan bergerak cepat untuk mencegah penyebaran wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) di Jateng. (Humas Kementan)
Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo saat meninjau ternak sapi di Boyolali Jawa Tengah pada Jumat, 13 Mei 2022. Mentan bergerak cepat untuk mencegah penyebaran wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) di Jateng. (Humas Kementan)

KETAPANG, insidepontianak.com - Merebaknya penyakit mulut dan kuku atau PMK pada hewan ternak di beberapa wilayah provinsi di Indonesia, disikapi jajaran Polres Ketapang.

Jajaran Polres Ketapang saat ini untuk membantu pemerintah dalam pengawasan penyakit kuku dan mulut, dengan melaksanakan mitigasi dan langkah pencegahan melalui pengawasan dan pengecekan langsung di sentra peternakan sapi wilayah Kabupaten Ketapang, Jumat (13 /5/ 2022).

Kapolres Ketapang AKBP Yani Permana telah memberikan instruksi kepada jajarannya untuk aktif memonitoring perkembangan situasi, khususnya untuk penyakit mulut dan kuku kepada hewan ternak milik masyarakat.

Baca Juga: Dedi Mulyadi Minta Kementan Ambil Langkah Cepat Atasi Penyakit Mulut dan Kuku pada Ternak

Hal ini langsung direspons Kasat Reskrim Polres Ketapang AKP Muhammad Yasin, Kasat Intelkam AKP Agustana, serta Kapolsek Benua Kayong IPTU Sumiadinata melalui pengecekan langsung di beberapa lokasi peternakan yang ada di Kecamatan Benua Kayong.

“Bersama rekan rekan Dokter Hewan dari Kementrian Pertanian, dari Balai Veteriner dan dari Dinas Peternakan Ketapang, hari ini kita lakukan pengecekan di beberapa peternakan sapi milik warga, “ kata Kasat Reskrim Polres Ketapang, M Yasin.

Adapun desa yang menjadi sasaran pengecekan petugas, di antaranya Desa Kinjil Pesisir, Kecamatan Benua Kayong, dimana hasil pengecekan ini ada sekitar 3 ekor sapi yang mengalami gejala sakit, namun belum dapat dipastikan apakah sapi sapi ini terpapar PMK atau tidak, karena harus menunggu hasil tes sampel yang telah diambil untuk diteliti lebih lanjut secara klinis.

Lebih lanjut, ditambahkannya selain sentra peternakan, selanjutnya Pihak Polres Ketapang bersama Dinas Peternakan akan melakukan pengecekan kesehatan hewan ternak di rumah potong hewan ( RPH ) di beberapa pasar di Kota Ketapang.

“Kita juga akan melakukan pemantauan lalu lintas pengiriman hewan ternak di wilayah Ketapang serta memberdayakan Bhabinkamtibmas di seluruh wilayah Polres Ketapang untuk memberikan sosialisasi dan melakukan tracking di seluruh desa binaan nya dalam mendatakan apabila ada hewan ternak yang terpapar gejala PMK,”tuturnya.

Halaman:

Editor: Agus Wahyuni

Sumber: Insidepontianak.com

Tags

Terkini

Dua Ons Sabu Nyaris Masuk Lapas Ketapang

Rabu, 20 April 2022 | 15:09 WIB

Operasi Pekat Polres Ketapang Ungkap 270 Kasus

Selasa, 19 April 2022 | 13:22 WIB
X