• Sabtu, 28 Mei 2022

Pontianak Bisa Jadi Kota Layak Huni, Wali Kota Edi: Sanitasi Jadi PR

- Sabtu, 14 Mei 2022 | 17:19 WIB
Sejumlah wilayah kumuh yang sanitasinya buruk di Kota Pontianak jadi perhatian (Insidepontianak.com)
Sejumlah wilayah kumuh yang sanitasinya buruk di Kota Pontianak jadi perhatian (Insidepontianak.com)

PONTIANAK, insidepontianak.com – Wali Kota Pontianak, Edi Kamtono yakni menjadikan Pontianak kota Khatulistiwa berwawasan lingkungan yang cerdas dan bermartabat, dan upaya mewujudkan misi kedua, menciptakan infrastruktur perkotaan yang berkualitas dan representatif. Salah satunya jadi Pontianak jadi Kota Layak Huni.

Pontianak jadi Kota Layak Huni kata Wali Kota Edi bukan mustahil tapi bisa diwujudkan dengan kerjasama semua pihak, baik pemerintah dan masyarakat.

“Kita bisa jadi kota layak huni. Kita tengah menyiapkan segala perangkatnya menuju hal itu. Mohon dukungan semua pihak. Terutama warga Kota Pontianak,” kata Wali Kota Edi, belum lama ini.

Baca Juga: Syarat Berangkat 50 Calhaj Sanggau, Muhammad Hasby: Harus Lunas Tahap 1 dan 2

Diakui Wali Kota Edi ada sejumlah pekerjaan rumah yang masih menjadi permasalah kota, tapi ia optimis bisa dituntaskan.

Walau saat ini sejumlah program untuk mengatasi permasalahan sanitasi sudah berjalan di Kota Pontianak. Namun, Pemkot Pontianak sangat terbuka terhadap bantuan dari luar untuk membantu mewujudkan Kota Pontianak yang lebih layak sebagai Kota Layak Huni.

Sebelumnya Kota Pontianak akan melakukan survei kajian Kota Pontianak agar jadi Kota Layak Huni yang dimuali tanggal 15 Mei sampai 11 Juni 2022.

Survei Kota Layak Huni Pontianak ini merupakan bagian dari Proyek Sanitasi Inklusif Seluruh Kota Indonesia yang berasal dari Asian Development Bank (ADB). Di Indonesia, hanya dua kota yang dipilih ADB untuk program tersebut, yakni Pontianak dan Semarang.

Subkoordinator Litbang Ekonomi dan Pembangunan Bappeda Kota Pontianak, Eko Prihandono menjelaskan Survei Kota Layak Huni akan dilakukan 11 enumerator di 10 kelurahan yang dijadikan sampel. Antara lain kelurahan Tambelan Sampit, Kota Baru, Sungai Beliung, Batu Layang, Banjar Serasan, Sungai Jawi, Siantan Hilir, Bansir Laut, Siantan Tengah dan Benua Melayu Darat.

Baca Juga: Lerry Kurniawan Figo Apresiasi Raihan Opini WTP Pemda Sambas

Halaman:

Editor: Wati Susilawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X