• Selasa, 17 Mei 2022

Syarat Berangkat 50 Calhaj Sanggau, Muhammad Hasby: Harus Lunas Tahap 1 dan 2

- Sabtu, 14 Mei 2022 | 16:22 WIB
Kasi Haji dan Umrah, Kementerian Agama (Kemenag) Muhammad Hasby, saat ditemui diruangannya, Jumat (13/5/2022).  (Candra Apriansyah)
Kasi Haji dan Umrah, Kementerian Agama (Kemenag) Muhammad Hasby, saat ditemui diruangannya, Jumat (13/5/2022). (Candra Apriansyah)

SANGGAU, insidepontianak.com – Bagi 50 calon jemaah haji (calhaj Sanggau) tahun 2022 ini yang lolos persyaratan berangkat diminta segera menyelesaikan pembayaran dan pelunasan tahap 1 dan 2. 

Kasi Haji dan Umrah, Kementerian Agama (Kemenag) Muhammad Hasby, saat ditemui diruangannya, belum lama ini mengatakan, untuk saat ini calhaj Sanggau sudah diinformasikan dan harus melunasi sisa pembayaran tahap 1 dan 2 sebagai syarat keberangkatan.

Muhammad Hasby mengungkapkan, saat ini sejumlah calhaj Sanggau masih dalam tahap pelunasan. Dari tanggal 9 hingga 20 Mei 2022 pelunasan tahap pertama dilakukan.

Baca Juga: Lerry Kurniawan Figo Apresiasi Raihan Opini WTP Pemda Sambas

“Jadi 50 orang yang masuk dalam kuota mesti menyelesaikan pelunasan. Jika belum melunasi kemungkinan ada pelunasan tahap kedua," terang Muhammad Hasby.

Muhammad Hasby menjelaskan, jika tahap kedua tidak ada pelunasan, lanjutnya kemungkinan akan digantikan dengan yang cadangan tadi. Syaratnya yang cadangan juga harus sudah melunasi biaya keberangkatannya.

"Misalnya ada empat orang yang tidak melunasi pada kuota 50 orang, maka diambil dari yang 10 orang cadangan tadi. Tetapi dengan catatan yang cadangan juga mesti sudah melunasi," jelas Muhammad Hasby.

Muhammad Hasby menambahkan, mengenai keberangkatan, dia menyebut belum ada data dari Kanwil Kemenag Provinsi Kalimantan Barat kapan jadwal bisa ditetapkan.

Sebelumnya, pengurangan kuota jamaah haji dari pemerintah Arab Saudi berdampak pada jumlah kouta jemaah haji Indonesia pada musim haji tahun 2022. Termasuk di Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat.

Imbas nyatanya, jemaah haji asal Sanggau yang awalnya 108 orang jemaah, hanya bisa berangkat menjadi 50 orang, dengan jumlah cadangan sebanyak 10 orang.

Halaman:

Editor: Wati Susilawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X