• Selasa, 17 Mei 2022

DPRD Bengkayang Ingatkan OPD Kejar Target PAD yang Telah Disepakati

- Kamis, 12 Mei 2022 | 15:27 WIB
Ketua DPRD Bengkayang, Fransiskus (Insidepontianak.com/Teguh Agung Baruna)
Ketua DPRD Bengkayang, Fransiskus (Insidepontianak.com/Teguh Agung Baruna)

BENGKAYANG, Insidepontianak.com – Ketua DPRD Kabupaten Bengkayang, Fransiskus ingatkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) kerjar target Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebagaimana yang telah disepakati bersama antara legislatif dan eksekutif.

Fransiskus menyebut, realisasi PAD Kabupaten Bengkayang di tahun 2021 sangat rendah. Hanya mencapai 50 persen dari target yang telah ditetapkan.

Maka kelemahan ini harus dievaluasi. PAD tahun mesti meningkat. Harus mencapai 75 sampai 80 persen dari target yang sudah ditentukan. Atau, paling tidak harus capai angka Rp80 miliar.

Baca Juga: Ketua DPRD Bengkayang Imbau Masyarakat Waspada Hepatitis Akut Misterius

"PAD ini harus digenjot. Sudah kita lakukan beberapa kali rapat. Dan kita ingatkan agar setiap OPD dapat mengoptimalkan setoran PAD, sesuai target yang disepakati," pesan Fransiskus, Kamis (12/5/2022).

Fransiskus menegaskan, jika PAD Kabuaten Bengkayang tinggi, maka rencana pembangunan bisa dilakukan dengan cepat. Namun sebaliknya, jika PAD terus merosot, maka rencana pembangunan akan terbengkalai.

Sebelumnya, Wakil Bupati Bengkayang, Syamsul Rizal menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Bengkayang tahun ini memasat target PAD sebesar Rp80 miliar. Target ini dinilai sudah maksimal. Sebab, realisasi PAD tahun 2021 hanya mencapai Rp56 miliar.

Baca Juga: Ketua DPRD Bengkayang : Perketat Pintu Masuk Perbatasan Jagoi Babang

Untuk bisa mencapai target itu, maka kata Rizal, seluruh OPD akan digerakkan untuk menggali potensi-potensi PAD yang ada. Potensi PAD ini sejatinya sudah dipetakan saat penyusunan Raperda APBD 2022.

Halaman:

Editor: Abdul Halikurrahman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

29 Jamaah Haji Bengkayang Siap Diberangkatkan

Jumat, 13 Mei 2022 | 20:31 WIB
X