• Sabtu, 21 Mei 2022

Desa Mentoyak Landak Deklarasi Gerakan Stop BAB Sembarangan, Bupati Karolin Ingin Desa Lain Juga Ikuti

Abdul Halikurrahman
- Rabu, 11 Mei 2022 | 22:53 WIB
Bupati Landak, Karolin Margret Natasa memberikan sambutan pada kegiatan deklarasi gerakan stop buang air besar (BAB) sembarangan atau Open Defecation Free (ODF)  yang digelar Desa Mentonyek, Kecamatan Mempawah Hulu, Kabupaten Landak (Insidepontianak.com/Facebook Pemerintah Kabupaten Landak)
Bupati Landak, Karolin Margret Natasa memberikan sambutan pada kegiatan deklarasi gerakan stop buang air besar (BAB) sembarangan atau Open Defecation Free (ODF) yang digelar Desa Mentonyek, Kecamatan Mempawah Hulu, Kabupaten Landak (Insidepontianak.com/Facebook Pemerintah Kabupaten Landak)

LANDAK, insidepontianak.com - Desa Mentonyek, Kecamatan Mempawah Hulu, Kabupaten Landak, deklarasikan gerakan stop buang air besar (BAB) sembarangan atau Open Defecation Free (ODF), Senin (9/5/2022). Deklrasi gerakan ODF itu juga diikuti Bupati Landak, Karolin Mafgret Natasa.

Bupati Karolin mengatakan, deklarasi ODF sangat penting dilakukan untuk mendorong masyarakat mejaga kesehatan lingkungan. 

"Kegiatan ini untuk memberikan pengumuman kepada masyarakat agar menigkatkan kesadaran untuk selalu berprilaku hidup sehat,” kata Bupati Karolin.

Baca Juga: Tak Terima Bantuan Pertanian, Bupati Karolin Protes Bappenas 

Ia berharap, gerakan deklarasi ODF juga diikuti desa-desa lain. Supaya, prilaku buruk masyarakat buang air besar sembarangan bisa dihilangkan. 

Dia menekankan, masyarakat harus terus dibina agar menggalakkan program perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Pemerintah desa harus membangun sanitasi. Suaya tidak adalagi masyarakat buang air besar di sembarang tempat. 

BAB sembarang dapat menggangu kesehatan lingkungan sekitar, karena ada bakteri dan kuman yang menempel dikotoran. Karena itu, prilaku ini harus kita ditinggalkan masyarakat,” pesannya.

Baca Juga: Bupati Karolin akan Libatkan Para Nenek dalam Program Pendampingan Penanganan Stunting

Bupati Karolin menekankan, hidup sehat adalah modal utama untuk melaksanakan berbagai kegiatan. Bila masyarakat sehat, maka derah juga pasti maju. 

Halaman:

Editor: Abdul Halikurrahman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bupati Karolin Ingatkan Masyarakat Pentingnya Prokes

Jumat, 14 Januari 2022 | 18:31 WIB
X