• Rabu, 29 Juni 2022

Wah Ada Mesin ADM, Bisa Cetak Dokumen Adminduk Mandiri Layaknya ATM

- Selasa, 10 Mei 2022 | 16:56 WIB
Wali Kota Edi melihat cara kerja Mesin Anjungan Mandiri (ADM) Pontianak (Insidepontianak.com)
Wali Kota Edi melihat cara kerja Mesin Anjungan Mandiri (ADM) Pontianak (Insidepontianak.com)


PONTIANAK, insidepontianak.com - Dalam waktu dekat warga Kota Pontianak, Kalimantan Barat sudah bisa mencetak secara mandiri berbagai dokumen administrasi kependudukan (adminduk). Pasalnya, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pontianak sudah menyiapkan sebuah mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM Pontianak). Mesin ini bentuknya seperti mesin ATM.

Anjungan Dukcapil Mandiri atau Mesin ADM Pontianak punya cara kerja unik dan sangat mudah. Cukup dengan melakukan scan QR code atau finger print, mesin ini secara otomatis mengeluarkan lembaran dokumen maupun kartu identitas sesuai dengan yang dimohon.

Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono mengatakan, penyediaan fasilitas mesin Anjungan Dukcapil Mandiri atau Mesin ADM Pontianak ini untuk memberikan pelayanan yang cepat dan mudah bagi warga Kota Pontianak terutama berkaitan dengan administrasi dukcapil.

Baca Juga: Generasi Milenial Pontianak Diminta Waspada Penipuan dengan Basis Teknologi

"Masyarakat cukup dengan mengscan QR code yang mereka terima melalui email, mesin ini langsung mencetak secara otomatis dokumen yang diperlukan," ujarnya saat melihat langsung cara kerja Mesin ADM Pontianak di Gedung Terpadu Sutoyo, Senin (9/5/2022).

Sementara ini, lanjutnya, Mesin ADM Pontianak yang disediakan baru satu unit yang ditempatkan di Kantor Disdukcapil Kota Pontianak.

Namun ke depan, pihaknya akan memperbanyak Mesin ADM Pontianak yang akan ditempatkan di kantor-kantor camat. Hal ini dalam rangka memudahkan dan mempercepat pelayanan adminduk bagi masyarakat yang jaraknya jauh dari kantor Disdukcapil.

"Kedepan kita akan membeli lagi Mesin ADM ini untuk ditempatkan di Kecamatan Pontianak Utara dan Barat yang jauh dari pelayanan pusat," ungkap Wali Kota Edi.

Pemkot Pontianak akan segera mengoperasikan Mesin ADM Pontianak untuk bisa digunakan masyarakat sambil menunggu proses selanjutnya yang masih berjalan. Pengadaan mesin ADM ini bersumber dari APBD Kota Pontianak.

Baca Juga: Polisi Buru Orang Tua Pembuang Bayi yang Ditemukan di Panti Catur Dharma Yatim Pepabri

Halaman:

Editor: Wati Susilawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pontianak Fokus Pengentasan Kawasan Kumuh

Kamis, 23 Juni 2022 | 09:11 WIB
X