• Minggu, 26 Juni 2022

GAPKI Kalbar Kutuk Pencurian Sawit Berujung Pembunuhan di Sanggau Dampak dari Loading Ramp

- Senin, 9 Mei 2022 | 18:01 WIB
Ketua GAPKI Kalbar, Purwanti Munawir (insidepontianak)
Ketua GAPKI Kalbar, Purwanti Munawir (insidepontianak)

PONTIANAK, insidepontianak.com - Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia , GAPKI Cabang Kalbar menyesalkan sekaligus kutuk adanya kasus tindakan pencurian buah sawit di lokasi perkebunan perusahaan di Sanggau dan berujung tindakan kriminal pembunuhan terhadap karyawan perusahaan dari PT CNIS.

Aksi pencuri buah sawit milik perusahaan sebenarnya kasus biasa dan marak terjadi di daerah. Hanya saja, pencurian buah sawit hingga menghilangkan nyawa dari karyawan perusahaan PT CNIS. Kasus ini, GAPKI Kalbar kutuk keras pelaku.

Ketua GAPKI Kalbar, Purwanti Munawir mengatakan sangat mengapresiasi kepolisian, dalam hal ini Polsek Mukok dan Polres Sanggau dengan cepat sudah menangkap pelaku. GAPKI Kalbar pun kutuk aksi pembunuhan ini dan berharap ini kasus yang terakhir terjadi di Kalbar.

Informasi terbaru, Polsek Mukok dan Polres Sanggau telah mendapat laporan telah terjadi pencurian buah sawit dan pembunuhan. Kemudian polisi melakukan sejumlah tindakan atas laporan terbaru pelaku berhasil diringkus. Pelaku berjumlah lima orang pada dan ditangkap pada Sabtu (07/05/2022) sekitar pukul 14.00 WIB.


“Kejadian pencurian dan pembunuhan ini sangat kita disesalkan,” kata Ketua Gapki Cabang Kalbar, Purwanti Munawir di Pontianak, Senin (09/05/2022).

Baca Juga: Kasus Pembunuhan Karyawan PT CNIS di Mukok, Polres Sanggau Tetapkan Satu Tersangka

Ia berharap pelaku ditindak tegas dan dengan kejadian ini tidak ada lagi pencurian buah sawit atau tindakan kriminal lainnya.

Bisa jadi, kata Purwanti, kejadian ini kemungkinan bisa terjadi atas dampak negatif akan maraknya loading ramp (di mana pembayarannya dengan cash) yang menyulut dan mendukung warga yang tidak punya kebun sawit, tapi ingin cari hasil cepat dengan dugaan mencuri baik di kebun inti maupun kebun swadaya.

Baca Juga: Pembunuh Karyawan PT CNIS Berhasil Ditangkap, Kapolres Ade Kuncoro: Besok Kita Beberkan

Editor: Agus Wahyuni

Sumber: Insidepontianak.com

Tags

Terkini

Kementan Luncurkan Vaksinasi PMK di Kubu Raya

Sabtu, 25 Juni 2022 | 18:00 WIB
X