• Minggu, 26 Juni 2022

WBP di Rutan Sambas Rutin Ngaji, Priyo Tri Laksono: Biar Menjadi Pribadi Baik

- Kamis, 5 Mei 2022 | 16:21 WIB
Ilustrasi mengaji (dok/insidepontianak.com)
Ilustrasi mengaji (dok/insidepontianak.com)

SAMBAS, insidepontianak.com - Karutan Sambas, Priyo Tri Laksono berharap kajian rutin agama Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Rutan Kelas II B Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat bisa menguatkan mental dan bisa kembali menjadi pribadi baik usai keluar dari tahanan.

Priyo Tri Laksono mengatakan, pengajian di Rutan Sambas tujuannya untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan narapidana. Selain mengaji, para narapidana juga rutin shalat berjamaah.

"Pengajian tersebut dilaksanakan sebelum shalat dzuhur berjamaah dan dibuat per kelompok. Adapun sebagai pengajarnya petugas Rutan dan warga binaan yang sudah mengerti tartil dan bacaan Alquran," kata Priyo Tri Laksono, usai mengikuti kajian rutin bersama WBP yang merupakan program pembinaan kerohanian di Masjid At Taubah Rutan Sambas, Kamis (5/5/2022).

Priyo Tri Laksono mengatakan, narapidana punya waktu leluasa untuk beribadah di dalam rutan. Diapun berupaya mengatur bagaimana agar seorang narapidana bisa memaksimalkan waktunya untuk beribadah.

"Kita berharap mereka benar-benar bisa mendekatkan diri kepada Allah SWT, sehingga hatinya akan tergugah untuk bertobat dan berjanji tidak mengulangi lagi perbuatannya seperti masa lalu," kata Priyo Tri Laksono.

Priyo Tri Laksono mengatakan, pembinaan kerohanian yang dilakukan di Rutan Sambas juga berkaitan dengan kearifan lokal, di mana Kabupaten Sambas adalah daerah yang agamis, bergelar Serambi Mekkah.***

 

Editor: Wati Susilawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X