• Rabu, 29 Juni 2022

Korem 121/ Abw-Dewan Adat Dayak Mediasi Kasus Penganiayaan Warga di Melawi

- Minggu, 1 Mei 2022 | 22:48 WIB
Korem 121/ Abw melakukan mediasi kasus penganiayaan warga Kabupaten Melawi.  (Korem 121/ Abw)
Korem 121/ Abw melakukan mediasi kasus penganiayaan warga Kabupaten Melawi. (Korem 121/ Abw)

MELAWI, insidepontianak.com - Korem 121/ Abw melakukan mediasi kasus dugaan penganiayaan warga oleh oknum anggota Yonif 642/ Kps di Melawi

Mediasi tersebut dilakukan Komandan Korem 121/ Abw Brigjen TNI Ronny bersama Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Melawi, Drs Kluisen.

Dalam mediasi, Danrem 121/ Abw, Brigjen Ronny menyampaikan permohonan maaf kepada pihak keluarga dan masyarakat. Dia menyesalkan terjadi peristiwa penganiayaan warga Melawi tersebut.

Brigjen Ronny menyampaikan dengan tegas pihaknya akan bertanggung jawab dan memberikan sanksi hukum kepada oknum anggota yang terlibat kejadian tersebut.

Menurut Danrem, saat ini proses hukum militer sedang berjalan. Oknum yang terlibat dipastikan akan mendapat sanksi berat.

“Kami akan bertanggung jawab. Sanksi terberat akan kami proses, baik hukum sipil, hukum militer, dan hukum adat. Hingga (sanksi) pemecatan bila nantinya benar terbukti,” ujar Brigjen Ronny.

Menurut Brigjen Ronny, kedua oknum anggota tersebut melanggar kode etik institusi TNI. “Oknum yang bersangkutan saat ini sedang menjalani proses pemeriksaan.”

Ketua DAD Kabupaten Melawi, Drs Klusien berterima kasih atas kehadiran Danrem 121/ABW dan rombongan yang berupaya menyelesaikan persoalan ini melalui mediasi. Mediasi juga dihadiri seluruh ormas Dayak di Kabupaten Melawi.

Kluisen berpesan agar masyarakat bersikap tenang. Dia meminta masyarakat menunggu hasil proses mediasi. “Mediasi telah dilakukan kedua belah pihak dan tuntutan keluarga telah disampaikan dan terima oleh Danrem,” kata Kluisen.

Dalam pertemuan mediasi di Pendopo Rumah Jabatan Bupati Melawi, Jumat (29/4/22) siang, Danrem Brigjen Ronny memberikan pengarahan pembinaan mental kepada personil Kipan A Yonif 642/Kps.

Halaman:

Editor: Haksoro

Sumber: Insidepontianak.com

Tags

Terkini

Wabup Kluisen Hadiri Perayaan Natal BAMAGNAS Melawi

Kamis, 13 Januari 2022 | 19:03 WIB

Seorang Tahanan Polres Melawi Kabur

Kamis, 8 Juli 2021 | 16:42 WIB

Waspada! Pelaku Penganiayaan Berat Kabur

Kamis, 8 Juli 2021 | 13:21 WIB
X