• Senin, 27 Juni 2022

Daniel Johan Minta Pemerintah Hadirkan Solusi Agar Petani Tak Lagi Bakar Lahan

- Minggu, 5 Desember 2021 | 10:51 WIB
IMG-20211205-WA0005
IMG-20211205-WA0005

PONTIANAK, insidepontianak.com - Anggota DPR RI Komisi IV, Daniel Johan mendorong pemerintah memberi solusi agar petani di berbagai wilayah di Indonesia tidak lagi membuka lahan dengan cara dibakar. Sebab, dampak dari aktivitas tersebut telah menyebabkan kebakaran lahan.

"Kita berharap ada alternatif. Pemerintah harus memberi alternatif dalam membuka lahan tidak membakar. Salah satunya menyediakan alat-alat yang mudah, sehingga tak perlu melakukan pembakaran," kata Daniel Johan dalam acara Bimbingan Teknis, Percepatan dan Pelaksanaan Membangun Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Kalbar, Sabtu (4/12/2021).

Saat ini, Pemerintah baru melibatkan masyarakat adat sebagai garda terdepan untuk menjaga lahan. Lewat masyarakat adat, diatur ketentuan yang disepakati bersama masyarakat, termasuk sanksi.

"Namun, kita terus mendorong ada alternatif solusi lain, seperti adanya perlatan dan insentif pemerintah " kata dia.

Dirinya pun bersyukur, kebakaran lahan semakin tahun dapat ditekan. Hal tersebut kata Daniel tak lepas dari peran serta Badan Restorasi Gambut (BRG) dan semua elemen masyarakat.

"Peran BRG beberapa tahun ini sangat signifikan dalam pengolahan lahan gambut jauh lebih baik," kata dia.

Pengaturan kanal dan sumur resapan telah berdampak besar pada kondisi gambut saat musim kemarau.

Di sisi lain, keterlibatan masyarakat menjaga lahan gambut jauh lebih baik.

Selain memberikan Bimbingan Teknis, Daniel juga turut memberikan peralatan APD kepada pemadam kebakaran (Damkar) yang selama ini turut membantu melakukan penangulangan kebakaran lahan. (Andi)

 

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Kementan Luncurkan Vaksinasi PMK di Kubu Raya

Sabtu, 25 Juni 2022 | 18:00 WIB
X