Ketua Komisi I DPRD Kayong Utara Dedi Effendy Dorong Pemda Tingkatkan PAD di Sektor Pariwisata

18 April 2024 13:27 WIB
Wisata pantai Kayong Utara. (Istimewa)

KAYONG UTARA, insidepontianak.com - Ketua Komisi I DPRD Kayong Utara, Dedi Effendy mendorong Pemerintah Kabupaten Kayong Utara, tingkatkan PAD lewat sektor pariwisata.

Sebab, potensi pariwisata di Kayong Utara sangat banyak. Namun belum sepenuhnya dapat dikelola oleh pemerintah.

"Maka, perlu ditinjau kembali terkait objek wisata yang lain di luar Pantai Pulau Datok. Ini jadi tugas pemerintah meningkatan kawasan wisata agar dikelola dengan baik, dan bisa menghasilkan untu daerah," kata Dedi, Kamis (18/4/2024).

Sebagaimana diketeahui, data Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Kayong Utara, mencatat, jumlah kunjungan wisata di momen libur hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah, capai 35.310 pengunjung.

Namun saya, tingginya kunjungan wisata itu belum berdampak besar bagi PAD. Sebab, sebagaian spot wisata yang dikunjungi belum dikelola pemerintah.

Objek wisata di luar Pantai Pulau Datok masih dikelola pihak Desa dan retribusi yang dapat ditarik hanya dari parkir dan hiburan.

Karena itu, Dedi mendorong dinas terkait benar-benar fokus melakukan pemetaan potensi wisata agar bisa dikelola dan memberikan pemasukan bagi daerah.***

Leave a comment