Ini 5 Tips Cegah Mabuk Perjalanan Mudik Lebaran, Yuk Disimak!

7 April 2024 14:01 WIB
Ilustrasi mabuk perjalanan. (Pixabay)

PONTIANAK, insidepontianak.com – Perjalanan mudik lebaran, pasti melelahkan. Tak jarang membuat mabuk perjalanan.

Mabuk perjalanan sering kali dialami saat menggunakan mobil, kapal laut maupun pesawat terbang.

Kondisi ini disebabkan otak tidak dapat memahami sinyal yang dikirimkan oleh telinga, mata, dan bagian tubuh lainnya.

Biasanya, orang yang mengalami mabuk perjalanan akan merasakan beberapa gejala seperti berkeringat, sakit perut, mual, hingga muntah.

Nah, bagi Anda yang melakukan perjalan mudik dan rentan mabuk perjalanan, perlu mengetahui cara mencegahnya.  

Dirangkum dari berbgai sumber menurut laporan PMJ News, berikut lima tips mencegah mabuk perjalanan yang bisa Anda lakukan. Yuk disimak!

1. Pilih Pengharum Mobil yang Tepat

Bau menyengat dapat menyebabkan muntah atau memicu mabuk perjalanan. Namun, beberapa wewangian atau diffuser dapat menenangkan pikiran.

Karena itu, penting bagi Anda yang melakukan perjalanan mudik menggunakan kendaraan mobil pribadi, agar memilih pengharum mobil yang bisa membuat nyaman dan fresh.

2. Hindari Makan Sebelum Perjalanan

Makan atau minum tepat sebelum naik mobil atau makan dan minum dalam jumlah banyak dapat meningkatkan kemungkinan Anda mabuk perjalanan. Hal ini dapat menimbulkan rasa tidak nyaman dan dapat menyebabkan mual bahkan muntah.

3. Pilih Tempat Duduk yang Tepat

Kursi tengah atau hanya kursi belakang dapat menyebabkan mabuk perjalanan. Duduk di kursi penumpang depan telah terbukti menjadi pilihan terbaik bagi penderita mabuk perjalanan.

4. Hindari Aktivitas dengan Konsentrasi Tinggi

Membaca buku, menggunakan ponsel, dan aktivitas lain yang memerlukan konsentrasi dan fokus mata terus-menerus dapat meningkatkan kemungkinan Anda merasa sakit.

5. Makan Permen Karet

Mengunyah permen karet juga dapat membantu mengurangi dan mencegah mabuk perjalanan. Mengunyah melepaskan bahan kimia tertentu yang mungkin membantu Anda tetap terganggu.***

Leave a comment