Yohanes Ontot Resmi Daftar ke Partai Demokrat sebagai Balon Bupati Sanggau pada Pilbub 2024

6 April 2024 14:30 WIB
Yohanes Ontot, mantan Wakil Bupati Kabupaten Sanggau dua periode resmi mendaftar sebagai bakal calon (Balon) Bupati melalui Partai Demokrat untuk Pemilik Bupati (Pilbub) Kabupaten Sanggau 2024, Sabtu (6/4) siang

SANGGAU, insidepontianak.com - Yohanes Ontot, mantan Wakil Bupati Kabupaten Sanggau dua periode resmi mendaftar sebagai bakal calon (Balon) Bupati melalui Partai Demokrat untuk Pemilik Bupati (Pilbub) Kabupaten Sanggau 2024, Sabtu (6/4/2024) siang.

Yohanes Ontot didampingi timnya (Sahabat YO) mengembalikan berkas pendaftaran sebagai Balon Bupati diterima lansung oleh Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kabupaten Sanggau, Usman bersama jajaran pengurus DPC.

Yohes Ontot mengatakan dirinya sangat berharap kerjasama politik dengan Partai Demokrat bisa terjalin baik. Berharap juga mendapat restu dari seluruh pengurus dan kader Partai Demokrat Kabupaten Sanggau.

"Tentunya dukungan dari Partai Demokrat sangat diperlukan," ujar Yohanes Ontot Sabtu siang di Kantor DPC Partai Demokrat Kabupaten Sanggau.

Di tempat yang sama, Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Sanggau, Usman menilai pengembalian berkas pendaftaran oleh Yohanes Ontot sebagai Balon Bupati merupakan bentuk keseriusannya untuk menjalin kerja sama dengan Partai Demokrat.

"Hari ini Pak Ontot datang ke sekretariat DPC dan puji tuhan beliau komitmen menyampaikan berkas. Kami dari Partai Demokrat memberi penilaian bahwa beliau serius untuk maju sebagai calon Bupati Sanggau," kata Usman.

sman juga mengungkapkan selain Ontot, yang sudah mengambil berkas pendaftaran ke Partai Demokrat untuk menjadi Balon Bupati ada lima tokoh diantaranya, Fransiskus Ason (Ketua DPD II Golkar Sanggau) Jumadi (Sekretaris DPC PDIP Sanggau), Andreas Sisen (Ketua DPD Nasdem Sanggai) dan Yansen Akun Efendy (Mantan Bupati Sanggau periode 2004-2009).

Sementara ada tiga tokoh lain yang ikut mengambil berkas pendaftaran untuk Balon Wakil Bupati diantaranya, Gusti Yusri (Raja Tayang), Jhon Hendri (Mantan Kadis BMSDA Kabupaten Sanggau) dan Usman (Ketua DPC Demokrat Sanggau).

"Yang sudah mengembalikan berkas hingga saat ini ada dua tokoh, Pak Ontot sebagai Balon Bupati dan Jhon Hendri sebagai Balon Wakil Bupati. Nanti siang juga akan ada pak Yansen yang akan mengembalikan berkas dan besok Fransiskus Ason dan Gusti Yusri," ungkap Usman.

Lebih jauh, Usman menjelaskan setelah proses pendaftaran ini selesai maka sesuai dengan AD/ART Partai Demokrat, pihaknya di DPC akan menyampaikan nama-nama calon yang sudah mendaftar ke DPP Partai Demokrat. Yang kemudian keputusan akan di ambil oleh DPP terkait siapa yang layak untuk diusung dan didukung.

"Nantinya dari DPP akan melihat calon-calon yang kita sampaikan apakah itu layak atau tidak itu nanti dari DPP atas masukan dari DPC," kata Usman menjelaskan.

Seperti diketahui, jadwal pengembalian berkas pendaftaran sebagai Balon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sanggau untuk Pilbub 2024 di Partai Demokrat dimulai sejak 1 April hingga 7 April 2024 atau tinggal sati hari lagi. (ans)

Leave a comment