Dewan Kalbar Ishak Ali Almuthahar Minta Pemerintah Lebarkan Jalan Tanjung Raya

3 April 2024 09:46 WIB
Anggota Dewan Kalbar, Ishak Ali Almuthahar. (Insidepontianak.com/Andi Ridwansyah)

PONTIANAK, insidepontianak.com - Anggota Dewan Kalbar, Ishak Ali Almuthahar meminta pemerintah lebarkan jalan Tanjung Raya I dan II.

Pembangunan pelebaran jalan itu dinilai penting, untuk mengatasi kemacetan yang semakin parah sejak beroperasinya Duplikasi Jembatan Kapuas 1.

Wan Is karib ia disapa, berterima kasih kepada Presiden Joko Widodo yang telah memberikan ‘kado’ untuk masyarakat Pontianak dengan meresmikan Duplikasi Jembatan Kapuas 1 jelang lebaran.

Hadirnya Duplikasi Jembatan Kapuas 1, setidaknya mengurangi kemacetan dari Jalan Imam Bonjol-Tanjung Pura hingga simpang Hotel Garuda.

"Kemacetan sudah dapat diatasi khususnya di Pontianak Selatan dan Tenggara. Khususnya Jalan Imam Bonjol dan Tanjung Pura," kata Ishak, yang juga ketua Komisi III DPRD Kalbar, Rabu (3/4/2024).

Namun demikian, kemacetan di simpang Jalan Tanjung Raya I dan II, masih terjadi. Sebab, ruas jalan sempit.

Tak sebanding dengan jumlah kendaraan yang melintas. Terutama di jam-jam pagi dan sore, atau jam pergi dan pulang kerja.

Alhasil, kemacetan terjadi saat kendaraan turun dari Jembatan Kapuas 1. Karenanya diperlukan pelebaran jalan, agar kemacetan terurai.

"Di situ jalannya kecil (Tanjung Raya I dan II), sering macet. Apalagi di depan Yarsi. Maka, kita minta dilakukan pelebaran jalan," tuturnya.

Legislator Gerindra ini yakin, jika ruas jalan tersebut dilebarkan pemerintah, maka kemacetan dapat terurai.

Tak lupa, ia juga meminta pihak-pihak terkait melakukan pengaturan lalu lintas di jalur persimpangan Tanjung Raya I dan II. Khususnya kendaraan roda enam yang melintas di Jalan Tanjung Raya. (Andi)***

Leave a comment