Anggaran Program Pupuk Subsidi 2024 Rp54 Triliun, PETANI: Jangan Sampai Dinikmati Mafia

3 April 2024 06:00 WIB
Persaudaraan Tani Nelayan Indonesia (PETANI) minta program pupuk subsidi dikawal, agar penyalurannya tepat sasaran. (Istimewa)

PONTIANAK, insidepontianak.com – Sekretaris Jenderal Persaudaraan Tani Nelayan Indonesia (PETANI), Arief Dharmawan mengungkapkan, anggaran program pupuk subsidi tahun 2024, mencapai Rp54 triliun.

Ia pun menilai, program pupuk subsidi, memang sangat penting, untuk meningkatkan produktivitas petani, sehingga ketahanan pangan dalam negeri bisa diwujudkan. 

“Tentu, ini sangat baik untuk percepatan ketahanan pangan, serta peningkatan ekonomi petani Indonesia,” kata Arief, Minggu (31/3/2024).

Hanya saja, ia mengingatkan, program pupuk subsidi ini harus dikawal dengan ketat. Sebab, anggarannya sangat besar. Jangan sampai, justru dimanfaatkan mafia pupuk. 

“Maka, kita harus kawal, agar pupuk subsidi ini benar-benar sampai di tangan petani dengan utuh,” kata Arief Minggu (31/3/2024).

Arif pun memastikan, PETANI siap mendukung program ketahanan pangan, dengan mendorong para petani di Indonesia melakukan percepatan masa tanam, dengan didukung pupuk subsidi pemerintah.

“Kami dari organisasi PETANI siap untuk membantu program pemerintah dalam percepatan masa tanam, ini akan mengembalikan indonesia sebagai negara agraris,” katanya. 

Selain itu, ia menekankan, pemerintah juga perlu memperhatikan peningkatan harga beli hasil pertanian. Sebab, hal ini menjadi kunci untuk menyejahterakan petani. 

“Peningkatan harga beli hasil pertanian ini akan menciptakan sirkulasi ekonomi arus bawah meningkat, yang diharapkan ke depannya akan menopang arus ekonomi negara,” pungkasnya.***

Leave a comment