Dewan Kalbar Heri Mustamin Minta Pemkot Pontianak Serius Tata Drainase dan Normalisasi Parit

2 April 2024 16:43 WIB
Anggota DPRD Kalbar, Heri Mustamin. (Dok IP)

PONTIANAK, insidepontianak.com - Anggota DPRD Kalbar, dapil Kota Pontianak, Heri Mustamin meminta Pemerintah Kota Pontianak serius menyelesaikan persoalan genangan air yang kerap terjadi saat hujan melanda.

Menurutnya, solusi mengatasi persoalah itu, salah satunya menata drainase dengan benar dan melakukan normalisasi parit secara massif.

Heri Mustamin mengatakan, persoalan genangan air yang terjadi di Kota Pontianak adalah masalah serius yang harus segera diselesaikan pemerintah.

Sebab, persoalan ini berulang. Baru hujan turun sebentar saja, ruas jalan hingga rumah warga sudah kebanjiran. Air terlihat begitu sulit keluar.

"Genangan saja seperti ini. Bayangkan kalau Pontianak terjadi banjir, mau kemana kita," ujar Heri Mustamin, Senin (1/4/2024).

Ia menyebut, akar persoalan genangan air di Pontianak disebabkan karena fungsi parit mengalirkan air tidak maksimal. Fungsi parit juga semakin berkurang akibat bangunan-bangunan liar yang berdiri di atasnya.

Menurut legislator Golkar itu, Kondisi Kota Pontianak saat ini, tentu jauh berbeda dengan periode pertama pembangunan Kota Pontianak dulu yang dikenal dengan kota 1000 parit.

"Master Plan pembangunan Kota Pontianak saat itu, Kota 1000 parit. Makanya Wali Kota Pontianak Pertama, Ibu Rohana melakukan perencanaan Kota Pontianak dengan normalisasi parit," tuturnya.

Heri mengklaim, sudah sejak lama mengingatkan Pemerintah Kota Pontianak agar melakukan normalisasi parit dengan serius.

Sebab, dengan cara itu, genangan air saat musim hujan tiba, cepat dialirkan ke sungai kapuas. Sehingga banjir tidak terjadi.

Di samping itu, drainase Kota Pontianak juga harus ditata dengan baik, agar air mengalir lancar. Namun, hingga kini, ia melihat penataan drainase asal-asalan, dan tidak berestetika.

"Kalau melihat kondisi (drainase) sekarang keluarnya air seperti tak ada tempat. Kalau hujan pasti ada genangan, karena mau dikemanakan," katanya.

Karena itu, dia memastikan, selama Pemerintah Kota Pontianak tidak melakukan normalisasi parit dan tidak menata drainase dengan serius, maka persoalan genang saat hujan melanda tak akan selesai. (Andi)***

Leave a comment