Golkar Kalbar Target Menangi Pilkada, Maman-Norsan Berebut Tiket Calon Gubernur

31 Maret 2024 10:54 WIB
Ketua DPD Golkar Kalbar, Maman Abdurrahman, memberikan arahan para kader di momentum buka puasa bersama di Gedung Zamrud, Jalan Ahmad Yani, Pontianak, Sabtu (30/3/2024). (Insidepontianak.com/Andi Ridwansyah)

PONTIANAK, insidepontianak.com – DPD Golkar Kalbar bidik kursi gubernur, dan menargetkan memenangkan pertarungan Pilkada Serentak 2024, yang akan dihelat pada November mendatang.

Target itu diyakini dapat dicapai. Pasalnya, berdasarkan hasil Pemilu 2024, Golkar berhasil menjadi partai pemenang kedua secara nasional, dengan perolehan suara mencapai 27 juta, atau naik 17 juta suara dari Pemilu 2019.

Capain itu mengantarkan Golkar meraih 102 kursi di DPR RI. Di tingkat daerah, perolehan suara Golkar juga meningkat.

Bahkan, Partai Beringin berhasil menambah perolehan kursi untuk DPRD Kalbar, menjadi 9 kursi dari 8 kursi dari Pileg 2019.

Ketua DPD Partai Golkar Kalbar, Maman Abdurahman mengucap syukur atas keberhasilan partainya melewati kontestasi politik 2024 dengan capaian yang cukup memuaskan.

Ia menegaskan, capaian Golkar di Pemilu 2024, tak lepas dari soliditas kader yang telah bekerja keras, sehingga berhasil mendapat kepercayaan masyarakat.

"Alhamdulillah, tahun 2024 kursi DPRD Provinsi kita menjadi sembilan kursi, naik satu kursi dari Pemilu 2019," kata Maman, ditemui di gedung Zamrud usai gelar buka puasa bersama para kader, Sabtu (30/3/2024).

Atas keberhasilan ini, Ketua Bapilu Golkar itu, mengucapkan terima kasih kepada seluruh kader yang sudah bekerja keras.

Tak lupa, ucapan terima kasih juga disampaikan untuk masyarakat Kalbar yang telah memilihnya sebagai anggota DPR RI, dan partai Golkar di Pemilu 2024.

Ia memastikan, kepercayaan masyarakat Kalbar akan dijawab dengan karya dan kerja nyata di parlemen senayan.

Menurut Maman, politik tidak saja dilihat dari pendekatan kekuasaan. Tapi kekuasaan yang diraih harus dibalut dengan kontribusi terbaik untuk kampung halaman.

Ia memastikan, hal itu, bakal ditunjukkan seluruh kader-kader Golkar yang mendapat kepercayaan masyarakat di legislatif.

Akan Fair Berebut Tiket

Pascapileg 2024, Golkar Kalbar juga tengah menatap Pilkada Serentak di 14 Kabupaten Kota di Kalbar. Salah satu yang jadi perhatian masyarakat adalah Pemilihan Gubernur Kalbar.

Sebagai pihak yang turut didorong maju menjadi calon gubernur, Maman mengucapkan terima kasih. Menurut Maman, kursi gubernur adalah impian semua politisi. Termasuk dirinya.

Bahkan, ia berkelakar tak ada politisi di Kalbar yang sudah lama berkiprah, tapi tak menginginkan menjadi gubernur. Semua punya mimpi tersebut.

"Saya rasa semua punya keinginan. Tapi tujuan partai Golkar mengisi kontestasi Pilgub Kalbar untuk kebaikan. Bagaimana kita bisa memberi kontribusi untuk masyarakat Kalbar," ucapnya.

Maman sendiri sudah mengambil formulir pendaftaran bakal calon gubernur di Partai Demokrat.

Selain itu, Ketua Dewan Pertimbangan DPD Golkar Kalbar, Ria Norsan, juga berburu tiket Demokrat untuk menjadi kontestan di Pilgub Kalbar 2024.

Bagi Maman, Ria Norsan adalah kader terbaik Partai Beringin, yang sama-sama punya hak mencalonkan diri, dan tidak ada aturan yang dilanggar untuk mengikuti kontestasi Pilgub Kalbar.

Meski menjabat ketua DPD Golkar Kalbar, Maman memastikan akan bersikap fair untuk bersaing dengan Ria Norsan, merebut tiket menuju pencalonan Gubernur Kalbar.

Baginya, Norsan bukanlah sebagai saingan. Melainkan, salah satu kader terbaik Golkar yang harus diberikan peluang yang sama, untuk menjadi calon gubernur.

"Saya dan Pak Norsan sama-sama kader. Pak Norsan sudah malang melintang di dunia politik. Terakhir Wakil Gubernur Kalbar. Sementara saya Ketua Partai dan Wakil Ketua Komisi VII. Jadi posisi kami sama,” katanya.

“Tidak ada yang dianaktirikan, kita punya hak yang sama untuk menjadi Gubernur ke depan,” tegas Maman.

Karenanya, ia menegaskan, siapapun yang diputuskan DPP Golkar untuk mewakili Gokar maju di Pilgub Kabar, semua kader akan solid dan tunduk pada keputusan partai.

"Kita akan solid mengamankan keputusan partai dan akan memenangkan pertarungan," ucapnya.

Optimis Menangi Pilkada

Sementara itu, Sekretaris DPD Golkar Kalbar, Prabasa Anantatur memastikan, masih menunggu instruksi DPP terkait pembukaan pendaftaran bakal calon kepala daerah.

"Tadi sudah disampaikan Pak Maman, nanti akan ada waktunya (pembukaan pendaftaran Cakada) akan kita sampaikan," kata Prabasa.

Ia memastikan, seluruh kader siap mengamankan keputusan partai Golkar terkait sosok kader terbaik yang bakal diusung di Pilgub nanti.

Wakil Ketua DPRD Kalbar ini juga optimis, dengan perolehan 79 kursi legislatif di DPRD provinsi, kabupaten dan Kota, Golkar bakal memenangkan pertarungan dan mengantarkan kader terbaik  merebut kursi Gubernur.

"Kita optimis dapat mengantarkan kader terbaik menduduki kursi Gubernur. Masalah Wakil nanti. Yang jelas Golkar pasti berkoalisi karena hanya 9 kursi, masih kurang empat kursi," pungkasnya. (Andi)***

Leave a comment