Menyambut Hari Paskah, Persiapan dan Maknanya

29 Maret 2024 18:16 WIB
Ilustrasi - Paskah. (Pixabay)

SAMBAS, insidepontianak.com - Hari Raya Paskah, adalah salah satu hari besar perayaan umat kristiani.

Paskah memiliki arti sebagai hari untuk memperingati kebangkitan Yesus Kristus dari kematiannya di hari ketiga, setelah disalib.

Paskah merupakan perayaan terpenting dalam tahun liturgi gerejawi Umat Kristiani.

Sebelum masuk Hari Raya Paskah, umat kristiani menjalankan Tri Hari Suci atau tiga hari suci, rangkaian peringatan bagi umat Katolik.

Dimulai dari Kamis Putih, Jumat Agung, dan terakhir adalah Sabtu Suci. Dari masing-masing hari, memiliki makna tersendiri. Berikut penjelasan rangkaian Tri Hari Suci:

1. Kamis Putih

Dalam bahasa Inggris, Kamis Putih dikenal dengan nama Maundy Thursday atau Holy Thursday.

Yang berarti hari pembasuhan kaki dan perjamuan terakhir Yesus Kristus kepada murid-muridnya.

Kamis putih adalah hari perjamuan terakhir sebelum Yesus disalib dan dibangkitkan.

Kamis Putih merupakan hari pertama dari Tri Hari Suci Paskah dan dianggap sebagai suatu peristiwa yang menandakan Yesus telah dekat dengan kematiannya.

Peristiwa ini bermakna untuk mengenang perjamuan kudus yang dilakukan Kristus karena dikorbankan demi dosa manusia.

2. Jumat Agung

Jumat Agung adalah salah satu rangkaian sakral bagi umat kristiani. Hari tersebut memiliki keagungannya tersendiri selain sebagai pengantar menuju Paskah. Jumat Agung menjadi inti dari peringatan Paskah.

Tanpa adanya penderitaan serta kematian Yesus di kayu salib, maka kebangkitan dan kemenangan di kubur tidak akan pernah ada.

Peringatan ini bermakna untuk mengenang peristiwa penyaliban Yesus, kematian di atas kayu salib dan penguburan Yesus. Pada hari ini, Jumat (29/3/2024) umat akan melakukan ibadah penghormatan terhadap Salib Yesus.

3. Sabtu Suci

Sabtu Suci atau dikenal juga dengan nama Holy Saturday atau Easter Vigili, memiliki arti Malam Paskah. Sabtu Suci adalah hari terakhir sebelum peringatan Paskah atau kematian Yesus.

Pada Sabtu Suci, umat Kristiani menyambut kebangkitan Yesus melalui Liturgi Cahaya, Liturgi Sabda, Liturgi Baptis, dan Liturgi Ekaristi.

Sesudah melewati rangkaian Tri Hari Suci, umat kristiani akan menyambut hari perayaan Minggu Paskah.  Di mana umat Kristiani merayakan kebangkitan Yesus dengan penuh sukacita.

Hari raya paskah identik dengan telur, di mana pada hari perayaan paskah biasanya anak-anak kecil berlomba-lomba untuk melukis telur dan mencari telur paskah. (Nia)***

Tags :

Leave a comment