Pj Bupati Kabupaten Sanggau Suherman Sampaikan LKPJ ke DPRD

26 Maret 2024 10:29 WIB
Ilustrasi

SANGGAU, insidepontianak.com -- Rapat Paripurna ke-1 sidang tahun 2024 penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Kepala Daerah Kabupaten Sanggau tahun anggaran 2023 digelar Pj Bupati Sanggau Suherman.

Penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Kepala Daerah tahun anggaran 2023 yang dihadiri Pj Bupati Sanggau Suherman digelar di Ruang Rapat Lantai III Kantor DPRD Kabupaten Sanggau, Senin (25/3/2024).

Rapat yang dipimpin Wakil Ketua DPRD, Acam itu ditegaskan Pj Bupati Sanggau Suherman telah menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Kabupaten Sanggau akhir tahun anggaran.

Hal itu merupakan salah satu kewajiban konstitusional yang harus disampaikan oleh Kepala Daerah, sebagai amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 18 Tahun 2020 tentang Peraturan Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2019 tentang Laporan dan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah.

"Atas nama Pemerintah Daerah saya menyampaikan terima kasih dan. Penghargaan yang sebesar-besarnya kepada tujuh pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Sanggau yang telah memberikan kesempatan kepada saya untuk menjalankan kewajiban konstitusional ini," kata Pj Bupati Sanggau Suherman.

Menurutnya, mekanisme LKPJ akhir anggaran Kabupaten Sanggau merupakan wahana untuk saling berbagi peran dalam menyebarkan dan memutar kondisi kinerja Pemda yang telah dilaksanakan sepanjang tahun 2023 dengan dilandasi prinsip kemitraan untuk saling melengkapi dalam menjemahkan kebutuhan dan aspirasi masyarakat yang akan dievaluasi melalui rekomendasi dan untuk ditindaklanjuti guna penyempurnaan pada tahun yang akan datang.

Lebih lanjut, pada dasarnya hal tersebut adalah sebuah kerangka kerja sama untuk mewujudkan visi Pemerintah Kabupaten Sanggau yaitu Sanggau Maju dan Terdepan.

Sebagai wujud untuk mewujudkan visi misi ini, terdapat delapan misi yang diemban pemerintah.

“Dengan tercapainya sasaran pembangunan dalam RPJMD diperlukan penekanan prioritas dalam konteks terintegrasi, untuk mencerminkan urgensi permasalahan dan isi strategi yang ingin diselesaikan sesuai misi Pemerintah Kabupaten Sanggau,” ucapnya

Penekanan prioritas setiap tahapan yang diimplementasikan dengan tema pembangunan setiap tahun.

Tema pembangunan Kabupaten Sanggau tahun 2023 dalam Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) yaitu Penguatan Kualitas Sanggau Infrastruktur, Pintar, Sehat, Bersih, Tertib, Terang dan Budiman. (Ans)

Leave a comment