Kebakaran Lahan di Dusun Mensungai Sekura Sambas, Sudah 3 Hari Belum Padam

23 Maret 2024 17:00 WIB
Petugas melakukan pemadaman kebakaran lahan di Dusun Mensungai, Desa Sekura, Kabupaten Sambas. (Istimewa)

SAMBAS, insidepontianak.com - Kebakaran lahan di Dusun Mensungai, Desa Sekura, Kabupaten Sambas, yang terjadi sejak Kamis (21/3/2023) belum juga padam sampai saat ini. 

Bahkan, kebakaran lahan itu terus meluas. Ini karena yang terbakar adalah lahan gambut. Sampai sekarang, proses pemadaman masih terus dilakukan petugas. 

Tenaga Teknis Fasilitator Desa Mandiri Peduli Gambut, Kabupaten Sambas, Teo mengatakan, api masih terus menyala, meski upaya pemadaman terus dilakukan. 

“Tadi pagi, titik api masih menyala, dan kita lakukan pemadaman. Saat ini sudah mulai diguyur hujan potensi sedang, semoga bisa padam,” harap Teo, Sabtu (23/03/2024). 

Penyebab kebakaran lahan itu belum diketahui secara pasti. Luas lahan yang terbakar juga belum dapat dihitung. Yang jelas, cuaca panas dalam beberapa pekan terakhir memicu lahan gambut mudah terbakar. 

“Lahan gambut wilayah tersebut mengalami kekeringan, akibat kemarau beberapa hari sebelumnya. Jadi sangat mudah terbakar,” kata Teo.

Adapun petugas yang diturunkan melakukan pemadaman kebakaran lahan tersebut yaitu, dari Kelompok Masyarakat Peduli Api (MPA) dan petugas Brigade Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Provinsi Kalbar.(Nia)***

Leave a comment