Disporapar Kabupaten Sanggau Ajak Pemuda Ikuti Ajang Pemuda Pelopor 2024

23 Maret 2024 09:56 WIB
Foto: Dok. Disporapar Kabupaten Sanggau -- Tahapan seleksi pemilihan Pemuda Pelopor Kabupaten Sanggau tahun 2023 yang lalu.

SANGGAU, insidepontianak.com -- Disporapar Kabupaten Sanggau sedang melakukan penjaringan pemuda-pemudi berbakat Pemuda Pelopor 2024.

Kadisporapar Kalbar Toto Martono mengakui jika a jang Pemuda Pelopor 2024 yang digelar Disporapar merupakan ajang penghargaan bagi Pemuda/i atas kecerdasan, kreatifitas, kemandirian dan gotong royong yang berdampak bagi pemuda dan masyarakat luas dan telah dilakukan secara konsisten.

Kepeloporan dalam lima bidang yang digelar Disporapar melalui Pemuda Pelopor 2024 ini yaitu pendidikan, seni budaya, pangan, inovasi teknologi dan pengolahan SDA lingkungan dan pariwisata.

“Dimulai dari seleksi tingkat Kabupaten/Kota dan sampai ke tingkat nasional,” ungkapnya saat diwawancarai di ruang kerja.

Toto Martono, mengatakan pemberdayaan pemuda merupakan suatu hal yang sangat penting untuk mempersiapkan generasi muda yang berkualitas.

Melalui ajang Pemuda Pelopor ini diharapkan mampu menggali dan menemukan anak-anak muda yang telah memberikan kontribusi positif pemuda dan masyarakat di Kabupaten Sanggau.

“Ajang pemilihan pemuda pelopor ini sebagai bentuk yang diberikan kepada pemuda-pemudi kita yang telah melakukan kerja baik disetiap bidang kepeloporannya masing-masing,” kata Toto Martono Dalam

pemilihan Pemuda Pelopor tahun ini Disporapar Kabupaten Sanggau bertujuan mampu mengirimkan utusan pemuda yang memiliki kepeloporan di setiap bidang untuk mengikuti tahap seleksi di Provisni.

Untuk itu, ia mengajak seluruh pemuda/i di seluruh kecamatan yang memiliki kepeloporan di bidang masing-masing untuk mengikuti ajang tersebut.

Serta, menghimbau bagi setiap organisasi pemuda dan masyarakat untuk bisa mendorong anggota/kadernya untuk ikut serta dalam ajang pemilihan Pemuda Pelopor.

Menurut Toto sapaan akrabnya, selain program pemberdayaan untuk pemuda yang telah dilakukan oleh Pemerintah Daerah melalui Disporapar, peran organisasi pemuda sangat penting untuk mewadahi, menggali dan memaksimalkan potensi anak-anak muda di Kabupaten Sanggau.

“Peran organisasi pemuda ini sangat penting untuk mendorong anak-anak muda kita untuk menggali dan memaksimalkan potensi, minat dan bakat mereka. Harapan kita organisasi kepemudaan ini mampu melakukan kaderisasi, dan kami siap mensupport,” ucap Toto menyarankan

pemilihan Pemuda Pelopor tahun ini bisa lebih baik dari tahun sebelumnya dan menemukan kepeloporan Pemuda/i Sanggau yang benar-benar memiliki kontribusi nyata bagi masyarakat.

Sehingga dari proses tersebut Kabupaten Sanggau memiliki sosok Pemuda/i yang memiliki kepeloporan yang kuat dan menginspirasi anak-anak muda lainnya.

Sejak awal bulan Maret sampai 10 Mei Disporapar Kabupaten Sanggau lewat Pemuda Pelopor 2024 telah membuka pendaftaran untuk seluruh pemuda-pemudi di 15 Kecamatan untuk bisa berpartisifasi.

Kemudian tahapan pembekalan, seleksi hingga pemilihan akan dilaksanakan pada tanggal 13-16 Mei 2024. (ans)

Leave a comment