Berkah Ramadhan, Lima Warga Binaan Lapas Perempuan Pontianak Khatam Quran dalam Sehari

22 Maret 2024 13:25 WIB
Lima Warga binaan Lapas Perempuan Pontianak khatam Quran dalam sehari berfoto bersama dengan Kalapas Perempuan Kelas II A Pontianak, R Tarbiati dan Kakanwil Kemenkumham Kalbar, Muhammad Tito Andrianto. (Istimewa)

PONTIANAK, insidepontianak.com - Ramadhan bulan penuh berkah. Sebab, di bulan ini umat muslim dianjurkan berlomba-lomba memperbanyak ibadah.

Selain puasa dan tarawih, mengaji juga menjadi ibadah yang kerap dilakukan saat Ramadhan.

Rutinitas membaca Alquran juga menjadi bagian pembinaan di Lapas Kelas II A Pontianak. Hasilnya 60 warga binaan yang khatam Alquran, lima di antaranya berhasil khatam Alquran dalam sehari.

Kalapas Perempuan Kelas II A Pontianak, R Tarbiati mengatakan, selama Ramadhan pihaknya punya program khatam Alquran dimulai dari hari pertama hingga ke-15 hari puasa.

Tujuanya, agar Ramadhan ini tidak hanya untuk menahan lapar dan dahaga saja, tetapi juga harus memperkuat aspek spiritual WBP sehingga dapat lebih bermanfaat.

Tarbiati mengatakan, kegiatan ini diikuti 100 warga binaan. 60 di antaranya saat ini sudah khatam Alquran.

"Lima WBP menghatamkan Alquran dalam sehari. Ada juga yang khatam hari ketiga dan kelima," ujarnya.

Kakanwil Kemenkumham Kalbar, Muhammad Tito Andrianto mengucapkan selamat kepada lima warga binaan yang sudah khatam Alquran dalam program One Day One Juz.

"Semoga dengan kegiatan ini dapat memberikan semangat tersendiri dalam mengkhatamkan Alquran," ujar Tito kepada WBP di Aula Lapas Perempuan Pontianak hari ini.

Kakanwil menyebutkan bahwa prestasi ini merupakan buah pembinaan yang dilakukan di LPP Pontianak dalam rangka memperingati Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-60. (Andi)***

Leave a comment