Agus Sudarmansyah Usulkan RSUD Kubu Raya Diberi Nama RSUD Syarif Idrus Bin Abdurahman Al-Idrus

19 Maret 2024 10:31 WIB
Ketua DPRD Kubu Raya, Agus Sudarmansyah. (Istimewa)

PONTIANAK, insidepontianak.com - Ketua DPRD Kubu Raya, Agus Sudarmansyah, mengusulkan RSUD Kubu Raya diberi nama RSUD Syarif Idrus Bin Abdurahman Al-Idrus. 

Nama tersebut, merupakan nama Raja pertama, sekaligus pendiri Kesultanan Kubu yang historisnya tak bisa dipisahkan dari berdirinya Kabupaten Kubu Raya yang mekar 17 tahun silam. 

Menurut Agus, usulan nama RSUD Kubu Raya menjadi penting. Sebab, rumah sakit pemerintah itu sudah beroperasi 6 tahun. Namun sampai saat ini belum diberi nama. Hanya dikenal dengan nama RSUD 'Kubu Raya'

"Karena itulah saya pikir perlu (usulan nama). Tak mungkin RSUD ini sampai tak memiliki nama," ujar Agus Sudarmansyah, Selasa (19/3/2024). 

Legislator PDI Perjuangan ini pun  mengusulkan nama Raja pertama kerajaan Kubu, Syarif Idrus Bin Abdurahman Al-Idrus. Nama ulama Kubu tersebut dinilai sangat layak disematkan sebagai nama Rumah Sakit. 

Alasan pemberian nama Raja Kubu pertama ini sebagai bentuk penghargaan. Sebab, berdirinya Kubu Raya tak lepas dari berdirinya Kerajaan Kubu. 

"Inilah historisnya makanya berdiri Kabupaten ini dengan nama 'Kubu Raya'," katanya. 

Karena itu, nama sosok bersejarah Kubu Raya ini perlu diabadikan agar tak lekang dan abadi. Misalnya dilekatkan di nama jalan dan Rumah Sakit. 

"Maka tepatlah kiranya nama Syarif Idrus Bin Abdurahman Al-Idrus kita abadikan menjadi nama RSUD Kubu Raya tersebut," tuturnya. 

Agus berharap, usulan ini dapat dikaji kembali oleh seluruh stakeholder di Kubu Raya untuk dipertimbangkan dan segera ditetapkan. Dalam waktu dekat, ia juga akan mengusulkan nama rumah sakit ini kepada Pj Bupati Kubu Raya. 

"Tentu yang berhak adalah Pj Bupati Kubu Raya melekatkan ini. Segera akan kita usulkan, mudah-mudahan beliau merespons dan bisa menetapkan nama Syarif Idrus Bin Abdurahman Al-Idrus sebagai nama RSUD Kubu Raya," harapnya.(andi)***

Leave a comment