Tradisi Pemuda Desa Trimandayan di Bulan Puasa, Keliling Kampung Bangunkan Sahur

18 Maret 2024 20:03 WIB
Kelompok pemuda dan anak-anak Desa Trimandayan foto bersama usai keliling kampung membangunkan warga sahur.

SAMBAS, insidepontianak.com - Pemuda-pemuda di Desa Tri Mandayan, Kecamatan Teluk Keramat, kompak lakukan aksi bangunkan sahur keliling kampung pada bulan Ramadan 1445 H.

Aksi membangunkan sahur telah menjadi budaya tersendiri, khususnya di Desa Tri Mandayan. Sejumlah pemuda aktif membangunkan sahur sejak tahun 2018 sampai sekarang.

Mereka membangunkan warga untuk sahur mulai pukul 01.30 sampai pukul 02.50 dini hari, dengan menggunakan alat musik tradisional.

Salah satu pemuda Teo Iswandi yang menggagas aksi bangunkan sahur keliling mengatakan, kegiatan tersebut mereka lakukan berawal dari ramainya pemuda yang begadang menunggu waktu sahur.

"Karena hal tersebut, akhirnya kami berinisiatif mengajak pemuda memanfaatkan waktu mereka untuk membangunkan warga untuk sahur, alhamdulillah respon mereka baik," Ucapnya.

Teo mengungkapkan dari aksi bangunkan sahur itu, ingin menggandeng pemuda Desa Tri Mandayan agar memberikan manfaat yang baik bagi warga.

"Kami tidak ingin waktu mereka terbuang sia-sia dengan hal yang tidak bermanfaat, dan dari yel-yel dan gendang yang kami gunakan mengajak mereka untuk kreatif," ucapnya.

Selain aksi membangunkan sahur pada bulan Ramadhan, Pemuda Sulayta Desa Tri Mandayan berencana untuk membuat agenda pemuda berbagi kepada kaum duafa yang di momen puasa ini.(nia)***

Leave a comment