Ramadhan Berbagi Masjid Syaiful Islam Bagikan Takjil untuk Warga Sekitar

15 Maret 2024 17:32 WIB
Berbagi Berkah di Bulan Ramadhan oleh Majelis Taklim Syaiful Islam

PONTIANAK, insidepontianak.com - Banyak hal yang dapat dilakukan untuk mendapatkan pahala khususnya di Bulan Suci Ramadhan.

Seperti yang dilakukan Majelis Taklim Syaiful Islam disetiap hari Jumat sepanjang Ramadhan mereka membagikan ta'jil untuk masyarakat yang disebut "Ramadhan Berbagi".

Program tahunan ini diperuntukkan bagi masyarakat sekitar terutama masyarakat di kawasan Pontianak Barat.

“Sore ini makanan dan minuman sekitar 200an paket untuk warga sekitar,” ungkap Hajah Enny Kurniaty S Ag Ketua Majelis Taklim Syaiful Islam, Jumat (14/3/2024).

Menurutnya besokpun Majelis Taklim Syaiful Islam akan membagikan 60 paket sembako untuk kaum dhuafa yang akan dimulai pada pukul 09.00 Wib.

“Besok kami akan membagikan 60 paket beras minyak gula makanan roti dan lainnya,” ujarnya.

Takjil dan makanan paket yang dipublikasikan merupakan hasil swadaya dari 60 orang anggota Majelis Taklim Syaiful Islam yang dibagikan disetiap tahunnya.

“Paket yang diberikan merupakan swadaya jamaah setahun digabung dan disimpan untuk infaq ramadhan,” kata Enny.

Majelis Taklim Syaiful Islam mengadakan kegiatan ini menjelaskan Penyuluh Agama Kemenag Kota di Kecamatan Barat ini karena ingin menggapai keberkahan dan berbagi kepada masyarakat luas.

“Dengan kegiatan setiap tahunnya ini mengharap rahmat selain bulan Ramadhan akan menghapus dosa juga bulan baik untuk berbagi. Jadi kesempatan untuk melakukan amaliyah baik ini dan akan dibalas oleh Allah SWT,” harapnya.

Selain berbagi apapun yang dilakukan disepanjang Bulan Ramadhan dijelaskannya akan mendapat pahala dan para anggota majelis akan merasakan menjadi masyarakat dhuafa yang tidak dirasakan sebelumnya.

Diakuinya setiap tahun di Bulan Ramadhan, Majelis Taklim Syaiful Islam selalu berbagi di beberapa pondok pesantren dengan berbagi kebutuhan pondok dan panti asuhan seperti sabun serta keperluan lain yang diperlukan.

"Termasuk makanan minuman dan keperluan lainnya. Namun biasa kunjungan ke tahfidz ke pondok pesantren membawa uang sembako makanan minuman dan tahun lalu seperti itu ke berbagai tempat dhuafa," paparnya.

Selain berbagi Majelis Taklim Syaiful Islam disetiap Jumat juga melakukan tadarusan alquran.

“Kami juga membaca dan memahami majelis juga belajar tajuid khusus bulan Ramadhan tadabur alquran,” urainya.

Dua dari 60 anggota Majelis Taklim Syaiful Islam Endang Trisakti dan Umi Hanifah mengaku senang karena dapat berbagi kepada warga sekitar.

“Setiap Bulan Ramadhan menjadi hal istimewa buat umat muslim termasuk kami di Majelis Taklim Syaiful Islam. Para anggota bersama sama memasak dan menyiapkan makanan minuman untuk kami bagi,” ungkap keduanya kompak sambil tersenyum. ***


Leave a comment