Ketua DPRD Minta Pemkab Sanggau Perhatikan Keselamatan dan Kesehatan Warga Saat Banjir

14 Maret 2024 16:09 WIB
Jumadi, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sanggau

SANGGAU, insidepontianak.com -- Sejumlah wilayah di Kabupaten Sanggau kembali terendam banjir.

Jumadi, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sanggau mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan menjaga kesehatan.

Seperti diketahui, sejumlah pemukiman warga yang tinggal di bantaran sungai Sekayam dan Kapuas sudah terendam sejak seminggu yang lalu. Ketinggian udara pun terus mengalami kenaikan.

“Saya masyarakat himbau yang tinggal di daerah rawan banjir untuk tetap waspada, mengingat ancaman banjir masih berpotensi mengalami peningkatan,” kata Jumadi (14/3/2024).

Jumadi berharap, Pemerintah Daerah (Pemda) bisa fokus memadukan perkembangan warga negara terdampak bencana tersebut. Serta mematau ancaman bencana lain seperti tanah longsor dan angin puting beliung yang berpotensi besar terjadi di wilayah Kabupaten Sanggau.

“Kita harap Pemda bisa fokus menangani bencana yang terjadi saat ini dan membantu masyarakat,” katanya.

Dengan kondisi ini, Jumadi ikut prihatin dengan banjir yang berulang terjadi dalam waktu singkat. Diawal tahun 2024 ini banjir telah terjadi dua kali pada bulan Januari dan Maret dengan volume yang cukup besar.

Tak hanya itu, Jumadi juga berharap Pemerintah melalui Dinas Kesehatan atau Puskesmas bisa turun kelapangan dan mengedukasi warga untuk memastikan kesehatan warga. Karena ancaman penyakit seperti diare, leptospirosis, infeksi saluran pernafasan, demam tifoid, demam berdarah, hingga penyakit kulit kerap muncul mengikuti musikbah banjir ini.

“Kemudian, Dinas Kesehatan juga bisa melakukan penyuluhan kesehatan saat bencana sekarang ini. Agar bisa memahami masyarakat ancaman penyakit yang bisa menimpa mereka dan jadi lebih waspada,” pinta Ketua DPRD Sanggau itu. (Ans)

Leave a comment