Kembali Terendam, Masyarakat Sanggau Anggap Banjir Sudah Jadi Langganan

14 Maret 2024 08:38 WIB
Dalam kurun waktu Januari hingga Maret banjir sudah menjadi bencana langganan dan merendam pemukiman warga

SANGGAU, insidepontianak.com -- Sejumlah wilayah Kecamatan di Kabupaten Sanggau kembali terendam banjir. 

Dalam kurun waktu Januari hingga Maret banjir sudah menjadi bencana langganan dan merendam pemukiman warga.

Wilayah langganan banjir tersebut adalah pemukiman warga yang tinggal di bantaran sungai Sekayam dan sungai Kapuas. 

Catatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sanggau menampilkan Kecamatan Kapuas dan Mokuk sebagai lokasi paling rentan terendam.

Tridibyo, Koordinator Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Sanggau mengatakan saat ini pihaknya sedang melakukan pendataan wilayah dan pemukiman yang terendam banjir. Kemudian dengan bekerja sama dengan pihak Kelurahan dan Desa data warga yang terdampak juga sedang dihimpun.

“Saat ini kita bersama pihak Kelurahan dan Desa sedang mendata setiap warga terdampak,” ucap Tridibyo, (14/3).

Berdasarkan pantauan, Tridibyo mengatakan tinggi mata air (TMA) sungai Kapuas berada di atas 10 meter. Curah hujan yang cukup tinggi dalam seminggu terakhir mengakibatkan Sungai Kapuas dan Sekayam meluap, membanjiri pemukiman warga.

Menghadapi bencana alam seperti ini, Tridibyo menghimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan. Karena ancaman banjir yang lebih parah sangat mungkin terjadi, mengingat curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat masih berpotensi terjadi dalam sepekan ke depan.

“Kami di TRC dan bersama relawan BPBD selalu bersiap menjaga kondisi, Jika diperlukan bantuan untuk evakuasi kami siap membantu kapanpun,” tutupnya. (Ans)

Leave a comment