Harisson Apresiasi Capaian Pemkot Pontianak Tingkatkan IPM Kategori Sangat Tinggi

13 Maret 2024 15:32 WIB
Pj Gubernur Kalbar foto bersama Fokopimda Pemkot Pontianak usai membua Musrenbang-RKPD Tahun 2025, di Hotel Aston Pontianak, Rabu (13/3/2024). (Istimewa)

PONTIANAK, insidepontianak.com - Pj Gubernur Kalbar, Harisson mengapresiasi Pemerintah Kota Pontianak yang telah berhasil meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia.

Adapun IPM Kota Pontianak saat ini sudah masuk kategori sangat tinggi, dengan angka mencapai 81,63.

"Ini sudah masuk dalam kategori sangat tinggi, jadi ini perlu terus kita jaga dan kita tingkatkan, terutama juga dalam hal peningkatan pendapatan masyarakat," pesan Harisson saat membuka Musrembang-RKPD Kota Pontianak Tahun 2025, Rabu (13/3/2024).

Harisson ingin, capaian IPM Kota Pontianak menjadi motivasi pemerintah daerah lainnya untuk menyiapkan generasi unggul menyongsong Indonesia Emas 2030-2045.

Ia pun menekankan, untuk mencapai Indonesia emas, perlu kerja keras semua pihak. Sektor pendapatan per kapita masyarakat harus ditingkatkan.

Karena itu, kemajuan ekonomi menjadi kunci menuju negara maju yang ditargetkan bisa dicapai pada tahun 2030-2045.

“Pendapatan per bulan itu justru 15 Juta, jadi untuk mencapai hal tersebut kita masih perlu kerja keras," ucap Harisson.

Di sisi lain, angka pengangguran juga harus terus ditekan. Karenanya, pengembangan UMKM bisa menjadi solusi dalam membuka lapangan kerja. Perizinan harus dipermudah.

"Maka, proses perizinan investasi harus dipermudah. Sehingga akan terbuka banyak lapangan kerja di Kota Pontianak," ucapnya.

Pj Wali Kota Pontianak, Ani Sofian mengatakan, ke depan masih ada PR pembangunan infrasturuktur yang menjadi perhatian.

Sebab, masih terdapat beberapa kawasan di Kota Pontianak terdampak genangan air jika terjadi hujan maupun banjir air pasang laut.

"Maka, di Musrenbang-RKPD ini, kita menginventarisasi hal-hal menyangkut infrastruktur yang masih terdampak genangan-genangan air, untuk kita tangani," kata Ani Sofian.***

Leave a comment