Jawab Kebutuhan Pasar, Disnakertrans Kalbar Gandeng LPK Tingkatkan Kemampuan Tenaga Kerja

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Provinsi Kalbar, menggandeng Lembaga Pelatihan Kerja atau LPK swasta meningkatkan daya saing pencari kerja di Kalimantan Barat.

Fokus utama Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi membuat program pelatihan yang dibutuhkan industri saat ini.

"Kita tengah menyiapkan lembaga pelatihan kerja baik yang swasta maupun pusat kerja khusus untuk membuat program pelatihan yang dibutuhkan dunia usaha, dan industri," kata Sekretaris Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kalbar, Muhaemenon, Rabu (21/2/2024).

Muhaemenon mengatakan, lapangan kerja di Kalbar makin hari makin bertambah. Tapi, kemampuan tenaga kerja Kalbar untuk mengambil keseluruhan lapangan kerja harus jadi perhatian. Karena itu, diperlukan peningkatan daya saing.

"Karena tingkat kesempatan kerja kita baru 94 persen, ada 6 persen yang belum terpenuhi," ujarnya.

Sebab itu, penguatan yang dilakukan berkerja sama dengan lembaga pelatihan guna menyiapkan kurikulum yang menghasilkan lulusan yang siap kerja. Lalu bekerja sama dengan LPK dan BLKK yang ada sudah terakreditasi untuk menggelar pelatihan yang dibutuhkan pasar.

"Kita juga berupaya meningkatkan kompetensi instruktur yang ada, agar bisa memberikan pelatihan yang berkualitas," katanya.

Misalnya saja, kebutuhan AI Specialist yang dibutuhkan pasar saat ini. 

"Disnakertran sedang menyiapkan instruktur untuk mengikuti uji kompetensi. Setelah punya sertifikat layak. Maka kurikulum akan jadi bagian di LPK,"pungkasnya.(andi)***

Leave a comment