Legit dan Gurih, Berikut Resep Kue Kantong Semar Khas Kota Pontianak yang Wajib Kamu Coba

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Pastinya banyak yang belum tahu tentang kuliner satu ini. Namanya, kue kantong semar. Ini dari Pontianak, Kalimantan Barat lho.

Dari namanya, kue kantong semar ini hanya ada di momen-moment penting, seperti acara budaya dan keagamaan. Biasanya saat perayaan Imlek kue ini sangat mudah ditemukan.

Menariknya kuliner khas Pontianak Kalimantan Barat menggunakan kantong semar sebagai bungkusnya. Sebagaimana kita tahu bahwasannya tanaman kantong semar merupakan jenis tanaman yang dilindungi.

Namun, khusus kegiatan budaya dan perayaan penting pemerintah memutuskan untuk memperbolehkan penggunaan kantong semar sebagai wadah makanan.

Tujuannya, agar dengana danya kue kantong semar ini bisa melestarikan adat dan budaya. Karena keistimewaan tersebut, kue ini biasanya dihidangkan pada acara daerah atau kenegaraan.

Kue kantong semar ini diisi dengan beras pulut dan kacang merah yang kemudian dikukus. Makanan ini berasal dari Pedalaman dan Pesisir Kalimantan Barat dan menjadi makanan khas Kalimantan Barat yang populer.

Mengutip dari daerahkita.com, tumbuhan Kantong Semar atau nama ilmiahnya Nepenthes ada puluhan jenisnya, tersebar di pulau Jawa, Sumatera, Sulawesi, Papua, Maluku dan Kalimantan.

Nama kantong semar sesuai bentuknya yang besar melebar mirip perut Semar, salah satu tokoh pewayangan Jawa. Kantong semar berbentuk corong yang digunakan untuk menangkap serangga dan mengolahnya sebagai sumber nutrisi bagi tumbuhan tersebut.

Nah, untuk pembuatan kue kantong semar, digunakan tumbuhan kantong semar yang ukurannya agak besar dan kecokelatan. Kantong semar yang telah dikumpulkan tersebut dicuci bersih.

Setelah dicuci bersih, bagian pinggir atau mulut kantong semar digunting sehingga berbentuk menyerupai kantong. Baru, kantong semar bisa digunakan untuk cetakan.

Untuk isian, siapkan dulu beras ketan putih yang sudah direndam dan dicuci bersih. Beras ketan kemudian dicampur dengan santan segar, gula, garam dan ditambahkan kacang beras atau kacang tolo yang sudah dicuci.

Beras ketan yang sudah dicampur dengan kacang tolo lalu dimasukkan ke dalam kantong temar yang disiapkan sebelumnya lalu dituangi santan.

Baru, kantong semar ini disusun di atas kukusan untuk dikukus selama 2 jam lebih. Beras ketan yang dimasukkan dalam keadaan mentah sehingga perlu waktu lama untuk mematangkannya.

Kue kantong semar akan berwarna kecokelatan ketika telah matang. Rasanya kenyal pulen dengan rasa gurih manis. Ada tekstur empuk gurih kacang beras yang enak. Kue ini cocok untuk dinikmati bersama secangkir kopi.

Mengingat pembuatan kue ini memerlukan usaha lebih untuk mendapatkan tumbuhan kantong semar, maka kini tidak banyak orang membuatnya. Apalagi, tanaman kantong semar termasuk yang dlindungi. Meski diperbolehkan untuk perayaan budaya setempat.

Kuliner satu ini termasuk unik dan jarang ada di daerah lain, hanya di Kota Pontianak kamu bisa menemukan kue kantong semar. Di daerah kamu, ada kue unik apa saja? (REDAKSI)

Leave a comment