Dewan Michael Yan Dorong Pemerintah Lebarkan Drainase Cegah Banjir

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Anggota DPRD Kalimantan Barat, Michael Yan Sri Widodo mendorong Pemerintah Kota Pontianak melakukan pelebaran drainase dan saluran air.

Menurutnya hal ini perlu dilakukan, untuk mempercepat laju air hujan yang turun, sehingga tak terjadi penyumbatan yang menyebabkan genangan.

Michael Yan Sri Widodo menyebut, persoalan banjir tak selamanya masyarakat bisa menyalahkan pemerintah. Apalagi, banjir yang terjadi beberapa hari ini.

"Banjir beberapa hari ini dan akhir tahun kemarin ini dipicu pasang air laut," kata Michael Yan Sri Widodo, Sabtu (13/1/2024).

Pasang tinggi air laut biasanya terjadi di akhir tahun dan awal tahun. Kondisi ini juga berdampak pada masyarakat Kota Pontianak. Apalagi, jika ditambah dengan intensitas hujan yang tinggi.

"Tentu menyebabkan banjir dan genangan," terangnya.

Namun, jika banjir bersifat lokal,bukan karena pasang air laut maka harus ada langkah-langkah yang dilakukan pemerintah. Salah satunya adalah pelebaran drainase dan saluran. Sebab, di Pontianak bersifat rendah.

"Sifat tanah kita delta dan rendah. Kalau mengandalkan kedalaman drainase, tidak bisa berfungsi, harusnya lebar, karena tanah kita dataran rendah. Tidak bisa berharap kedalaman,"terangnya..

Karena itulah, Sekretaris DPW NasDem Kalbar ini berharap, Pemerintah Kota Pontianak dapat melakukan penataan drainase sesuai dengan kondisi alam yang ada di Kota Pontianak."Ini penting, agar penataan drainase bisa berfungsi secara maksimal," tutup Michael Yan Sri Widodo (Andi).

Leave a comment