Resep Nasi Telur Pontianak: Racikan Khas, Gampang Dibuat Tanpa Ribet

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Kamu penggemar makanan simple dan mudah dibuat tanpa ribet. Kenalkan nasi telur Pontianak yang sempat viral di jagat maya.

Nah, mimin akan bagian resep nasi telur Pontianak yang sempat viral ini dengan hanya langkah-langkah mudah untuk membuatnya.

Mengutip masakapahariini.com, bahan-bahan untuk membaut nasi telur Pontianak viral ini tak sulit lho. Bahkan, gampang ditemukan di pasar-pasar terdekat.

Kamu hanya butuh sejumalh bahan-bahan ini, telur ayam, kecap manis, minyak wijen, dan bawang putih yang selalu jadi bumbu masak yang wajib ada di dapur. Yuk Dicoba!

Telur mata sapi dengan bumbu kecap aroma dan minyak wijen ini cocok untuk segala suasana. Pas banget dijadikan sebagai menu sarapan atau teman nasi goreng. Bahkan sebagai lauk dadakan yang praktis dan cepat membuatnya.

Telur mata sapi matang atau setengah matang dengan bagian kuning telur yang masih lembut bisa jadi pilihan kamu menyajikan nasi telur kecap ini. Untuk menghasilkan telur setengah matang yang masih lembut di bagian kuning telurnya itu ada triknya. Masak telur di atas api sedang, lalu kecilkan api. Masak hingga bagian putihnya matang, lalu balikkan sebentar.

Salah satu alasan kenapa nasi telur kecap ini enak adalah setelah digoreng, telur ceplok dimasak bersama bumbu kecap manis dan bawang putih. Penasaran, kan? Yuk, bikin Nasi Telur Pontianak di rumah!

Bahan

2 Porsi
2 porsi nasi putih
2 butir telur ayam
6 siung bawang putih, cincang halus
6 sdm Bango Kecap Manis
2 sdm kecap asin
½ sdt minyak wijen
¼ merica putih bubuk
100 minyak, untuk menggoreng

Cara membuat

Bawang putih tengah ditumis

Panaskan minyak di dalam wajan. Goreng bawang putih hingga kecokelatan. Angkat, tiriskan.

Mencampur tumisan bawang putih dengan kecap manis.

Saus kecap: Aduk rata Bango Kecap Manis, bawang putih goreng, kecap asin, minyak wijen, dan merica.

Telur tengah digoreng dan dibumbui kecap manis.

Panaskan sisa minyak menggoreng bawang putih. Buat telur mata sapi atau telur ceplok hingga hampir matang. Tuang saus ke atasnya, panaskan sebentar. Angkat.

Nasi telur Pontianak disajikan bersama telur dan kecap manis botolan.4
Sendokkan nasi ke atas piring saji. Taruh telur mata sapi beserta sausnya ke atas nasi. Sajikan hangat.

Mudah bukan membuatnya di rumah. Bisa jadi menu makan siang santai bersama keluarga. Selamat mencoba. (REDAKSI)

Leave a comment