Apa Itu Skala Linear? Begini Penjelasan dan Cara Membuatnya di Google Form

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PROBOLINGGO, insidepontianak.com - Skala Linear lumrahnya dipergunakan untuk mengukur survey di bidang politik. Untuk membuatnya bisa dilakukan di berbagai aplikasi, salah satunya adalah platform Google Form.

Sudah diketahui banyak orang, Google Form dapat menginisiasi pembuatan survei, kuesioner, formulir online, dan juga Skala Linear. Sehingga, kamu bisa mengaplikasikan tingkat pengukuran tersebut dengan bantuan platform peramban Google.

Adapun cara membuat Skala Linear dengan bantuan Google Form nyatanya tergolong mudah. Dengan catatan, kamu harus mengetahui setiap langkah dan panduan yang benar agar bisa dikirimkan secara online di website atau media sosial.

Sebelum mengetahui cara membuatnya, alangkah lebih baiknya jikalau kamu mengerti terlebih dahulu tentang pengertian Skala Linear dan fungsinya dalam dunia penelitian atau pengolahan perusahaan. Sehingga, kamu dapat memanfaatkannya dengan baik.

Pengertian Skala Linear dan Kegunaannya.

Secara terminologi dunia teknologi, Skala Linear merupakan metode pengukuran responden dengan menggunakan kategori angka atau karakter tertentu yang unik. Peneliti pun juga dapat mengajukan pertanyaan agar responden dapat menjawab.

Karena bisa diatur sedemikian rupa, metode pengukuran survei langsung ini pun bisa dibuat menjadi data khusus yang dikelompokkan dalam beberapa kategori. Salah satunya, yakni menjadi evaluasi bila pengguna memiliki perusahaan.

Secara garis besar, metode ini memiliki beberapa benefit yang paling menonjol. Salah satunya adalah:

  1. Ukur Kepuasan Pelanggan.

Ketika sedang menjalankan sebuah perusahaan, mengetahui feedback dari pelanggan sangatlah penting. Hal ini bertujuan agar bisa meningkatkan kualitas pelayanan atau produk yang sedang dinikmati oleh konsumen.

  1. Ukur Prioritas.

Karena menggunakan skala angka atau karakter unik, metode Skala Linear juga bisa menjadi bahan evaluasi dalam sebuah pengambilan kebijakan tertentu. Oleh karena itu, pemerintah daera dan pusat dapat memanfaatkan metode ini untuk mengetahui komentar publik.

Bila ternyata banyak masyarakat yang tidak srek, kebijakan tersebut bisa dianggap tidak begitu urgen. Sehingga, pemerintah daerah dan pusat dapat menjalankan keputusan yang lebih prioritas.

  1. Ukur Tingkat Persetujuan.

Tidak hanya dalam masalah perusahaan dan politik praktis skala linear digunakan. Bahkan, suatu organisasi juga bisa memanfaatkannya untuk melihat voting dari sebuah keputusan yang akan diterapkan kepada seluruh anggota.

Setelah mengetahui pengertian dan kegunaannya. Kini, kamu sudah siap untuk mengetahui cara membuat Skala Linear di Google Form.

Cara Membuat Skala Linear di Google Form.

  1. Masuk dngan akun google pada halaman https://docs.google.com/form/.
  2. Kli ikon tambah (+) untuk membuat lembaran baru.
  3. Kamu dapat mengganti teks 'Untitled Form' dengan judul formulir yang dibutuhkan.
  4. Pada bagian samping pertanyaan, klik pengaturan format.
  5. Carilah opsi 'Skala Linear'.
  6. Pilih jenis skala yang hendak dimasukkan, misal dari angka 1-10, atau dari nilai 0-5 dan lain sebagainya.
  7. Tentukan setiap angka dengan kategori, misal pada angka 0 sangat tidak puas, 3 lumayan puas, dan seterusnya.
  8. Kamu bisa menambahkan emoji khusus pada setiap skala.
  9. Bila ingin mengetahui jawaban responden, klik opsi 'Wajib Diisi'.
  10. Kamu juga bisa menambahkan pertanyaan lain dengan klik 'Deskripsi'.
  11. Formulir pertanyaan pun sudah siap untuk dikirimkan.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian Skala Linear dan cara membuatnya di Google Form. Selamat mencoba! (Dzikrullah).
[13.59, 29/12/2023] Dzikrullah CC: Cara mengunduh video di aplikasi Telegram memiliki panduan tersendiri biar tidak hilang ketika disimpan. (Anton Maksimov/Unsplash).
[13.59, 29/12/2023] Dzikrullah CC: 2 Cara Download Video Telegram di Smartphone dan Laptop: Simpan Unggahan dengan Benar Agar Tidak Hilang

PROBOLINGGO, insidepontianak.com - Menyimpan sebuah video

Leave a comment