ULBI Siapkan 100 Kuota Beasiswa Ikatan Dinas Pos Indonesia, Cek Jadwal Pendaftarannya di Sini!

3 Maret 2024 09:29 WIB
Ilustrasi

PONTIANAK, insidepontianak.com - Indeks Pembangunan Manusia atau IPM masih menjadi persoalan di Kalbar. Salah satu yang dapat dilakukan dengan mendorong beasiswa agar angka lama sekolah terus ditingkatkan. Inilah yang turut dilakukan Universitas Logistik dan Bisnis Internasional.

Mereka melakukan sosialisasi program beasiswa ikatan dinas pegawai Pos Indonesia kepada pelajar asal Kalimantan Barat. Sosialisasi dilakukan secara daring dengan peserta puluhan dari berbagai SMA/SMK di Kalbar, Jumat (29/12/2023).

“Ini adalah upaya kami membangun kualitas sumber daya manusia yang unggul. ULBI dan PT Pos Indonesia terus berkomitmen untuk memberikan kesempatan sebesar-besarnya kepada generasi muda melalui program program yang inovatif,” kata Rektor ULBI Prety Diawati, Jumat (29/12/2023).

Menurutnya, beasiswa ini merupakan tonggak bagi calon mahasiswa meraih kesempatan menjadi bagian dari PT Pos Indonesia melalui Ikatan Dinas yang dilakukan secara cermat.

Terdapat dua program utama beasiswa ikatan dinas ini, yaitu program khusus dan beasiswa ikatan dinas calon pegawai dan program rekrutmen ikatan dinas PoslD, khusus bagi mahasiswa aktif ULBI.

Adapun kuota beasiswa untuk 100 orang. Nantinya, mahasiswa peraih beasiswa akan diarahkan kepada jurusan sesuai kebutuhan Pos Indonesia.

Pendaftaran mahasiswa baru program beasiswa dan ikatan dinas PT Pos Indonesia (Persero) dibuka mulai tanggal 18 Desember 2023 hingga 29 Februari 2024.

Sementara seleksi dilaksanakan pada 10 Maret—10 April 2024 dan Pengumuman Seleksi pada 20 April 2024.

Peraih program khusus dan beasiswa ikatan dinas calon pegawai akan mendapatkan beasiswa penuh dari Semester Pertama hingga Lulus.

Berlaku untuk pendaftar untuk Tahun Akademik 2024/2025. Kemudian telah lulus seleksi di salah satu jalur pendaftaran reguler. Sedangkan, program rekrutmen ikatan dinas PoslD, Khusus bagi mahasiswa aktif ULBI.

Perekrutan dan seleksi dilakukan pada Semester 5 untuk Program Diploma Il dan di Semester 7 untuk Program S1 Terapan atau S11 Strata-1. Peserta mengikuti tes seleksi khusus (TPA, Psikotes, Tes Kesehatan & Wawancara) dari PT Pos Indonesia (Persero).

Direktur Human Capital Management PT Pos Indonesia Asih Kurniasari Komar mengatakan, program ini menjadi momentum menawarkan kesempatan kepada calon mahasiswa baru untuk bergabung dengan program beasiswa dan ikatan dinas Pos indonesia.

“Kami percaya program ikatan dinas ini akan menjadi landasan bagi para mahasiswa untuk mengembangkan potensi mereka dalam industri logistik, bisnis dan manajemen rantai pasok, serta berkontribusi secara langsung terhadap pengembangan Pos Indonesia,” ungkapnya.

Ketua Bidang Guru dan Tenaga Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalbar Syarif Faisal mengatakan, pihaknya sangat antusias dan berterimakasih telah menjadikan Kalbar sebagai salah satu provinsi yang menjadi daerah sosialisasi beasiswa ikatan dinas ULBI.

“Ini menjadi peluang bagi siswa kami di Kalbar untuk berkarir di BUMN. Ini akan menjadi daya tarik tersendiri. Harapannya program ini bisa terserap secara maksimal di tengah tantangan peserta didik adalah kampus yang bagus dan biaya,” imbuh dia.

Ketua Yayasan Pendidikan Bhakti Pos Indonesia, Dr. Kiagus M. Amran, SE., MM., turut menyampaikan dukungan mereka terhadap inisiatif ini yang bertujuan untuk membuka peluang karir yang menarik bagi para generasi muda.

Untuk diketahui, ULBI memiliki 16 Program Studi yang berada dalam 2 fakultas yaitu sekolah vokasi dan Fakultas Logistik, Teknologi dan Bisnis. Dengan integrasi 16 program studi yang mendukung bidang logistik, bisnis, dan supply chain management.

Pilihan Prodi ULBI Fakultas Logistik, Teknologi dan Bisnis adalah S2 Manajemen Logistik, S1 Manajemen Logistik, S1 Manajemen Transportasi, S1 Manajemen Rekayasa, S1 Sains Data, S1 Bisnis Digital Sekolah Vokasi, D3 Manajemen Logistik, D3 Manajemen Bisnis, D3 Manajemen Informatika, D3 Teknik Informatika, D3 Akuntansi, S1 Terapan Logistik Bisnis, S1 Terapan Manajemen Bisnis, S1 Terapan Teknik Informatika, SI Terapan Akuntansi Keuangan, dan S1 Terapan E-Commerce Logistics.(andi)***

Leave a comment